Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Advertorial

Sinergi yang Apik, Alfamart Pasarkan Produk UKM Kabupaten Malang

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : A Yahya

02 - Oct - 2020, 19:32

Placeholder
Pegawai Alfamart sedang menunjukkan produk-produk UKM Kabupaten Malang, Jumat (2/10/2020). (Foto: Dok. Alfamart)

Sinergi yang apik tercipta antara Alfamart sebagai perusahaan ritel berjejaring nasional dengan beberapa UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang tersebar di toko ritel Alfamart di wilayah Kabupaten Malang.

Hal itu merupakan terobosan yang berkemajuan karena seringkali UKM yang ada di Kabupaten Malang kebingungan untuk memasarkan produknya. Terlebih lagi telah menjamurnya beberapa toko ritel berjejaring lainnya yang tersebar di Kabupaten Malang.

Baca Juga : Mesin Potong Rumput dari Graha Bangunan, Bikin Taman dan Kebun Indah dalam Sekejap

Regional Corcom Manager PT. Sumber Alfaria Trijaya (SAT), Mochammad Farouq Asrori mengatakan bahwa untuk tahapan awal sebagai bentuk sinergisitas antara toko ritel modern Alfamart dengan UKM, pihak Alfamart bekerja sama dengan lima UKM di Kabupaten Malang.

Lima merek UKM Kabupaten Malang tersebut, di antaranya Kingkresh Krip Mixfruit, Kingkresh Krip Apel, Levina Krip Nangka, Levina Krip Pisang dan Nakde Cheese Stick. "Produk UKM seperti keripik nangka, keripik pisang, keripik buah apel dan stick nakde. Produk-produk UKM tersebut merupakan rekomendasi dari Disperindag Kabupaten Malang," ungkapnya kepada pewarta, Jumat (2/10/2020).

Produk-produk UKM Kabupaten Malang tersebut telah siap dibeli dan disantap bersama teman, kerabat dan keluarga di manapun berada. Setidaknya produk-produk UKM tersebut tersedia di 49 gerai toko ritel Alfamart yang tersebar di Kabupaten Malang.

"Ada di Alfamart Wendit, Sengkaling, Pagentan Singosari, Kalirejo Lawang, Bunut Wetan, Asrikaton, Sumberpasir, SPBU Pepen Pakisaji, Banjararum, Randu Agung, Panarukan Kepanjen dan sebagainya," sebutnya.

Farouq mengatakan bahwa ke depan jika produk-produk UKM tersebut disukai oleh konsumen, pihak Alfamart akan membuka peluang memasarkan ke kota dan kabupaten lainnya yang termasuk dalam wilayah cabang Kabupaten Malang.

"Kami di Malang meng-Cover 13 kota dan kabupaten mulai Trenggalek ke timur hingga Malang. Belum lagi Jombang dan Mojokerto. Kalau produknya laris, ya kita jual juga di luar Kabupaten Malang," terang pria yang merupakan mantan wartawan ini.

Baca Juga : Kuatkan Kelembagaan, Dinas Pertanian Pemkab Blitar Dorong APTI Jadi Ujung Tombak Budidaya Tembakau

Sementara itu, selain produk-produi dari UKM Kabupaten Malang, Alfamart juga menjual produk-produk UKM di daerah lainnya. "Misalnya Trenggalek, Batu, Mojokerto, Blitar, Pasuruan dan lain lain," ujarnya.

Bersinergi dengan produk-produk UKM di masing-masing daerah merupakan komitmen yang telah dibangun oleh Alfamart. Sehingga tercipta simbiosis mutualisme antara Alfamart dengan pemilik produk UKM. "Sudah menjadi komitmen Alfamart untuk tumbuh dan berkembang dengan UKM. Visi perusahaan salah satu poinnya adalah pemberdayaan pengusaha kecil," pungkasnya.


Topik

Advertorial



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

A Yahya