Suasana Webinar di Nangkula Park tegap memperhatikan protokol kesehatan / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Suasana Webinar di Nangkula Park tegap memperhatikan protokol kesehatan / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

Acara spektakuler yang dihadiri via zoom Menteri Desa, Pembangunan Daerah desa dan Transmigrasi di Nangkula Park Desa Kendalbulur Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung membahas tema yang menarik. 

Mendes PDT, Abdul Halim Iskandar yang menjadi keynote speaker dalam Omah UMKM yang mengambil tema Ekonomi Kreatif Pelopor Kemandirian Desa itu mendorong Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) agar mengembangkan usahanya.

Baca Juga : Melalui Peace Education, Dosen Hubungan Internasional FISIP UB Promosikan Budaya Damai 

"Bumdes dalam melakukan pengembangan usaha jangan sampai menggangu kehidupan usaha warga sekitar, karena prinsipnya Bumdes harus membangun ekonomi kerakyatan," kata Halim Iskandar, Minggu (20/09/2020) malam.

Selain itu, Eko Asistono Kepala Dinas PMD Kabupaten Tulungagung juga menyarankan agar pemerintah desa mulai mengurangi kegiatan penggunaan dana desa di bidang infrastruktur.

"Bisa dialihkan lebih banyak pada pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian desa khususnya Bumdes," tambahnya.

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo yang juga turut mendampingi acara Webinar itu mengapresiasi usaha pemerintah desa Kendalbulur melalui Bumdes dapat membangun tempat wisata edukatif dan mampu menghidupkan ekonomi desa.

"Apresiasi kepada desa Kendalbulur yang mampu menghidupkan ekonomi kreatif melalui Bumdes, dengan adanya Nangkula Park ditengah pandemi covid 19 ini bisa menjadi percontohan desa lain dalam menumbuhkan wisata buatan seperti ini," Puji Maryoto.

Sementara itu, Anang Mustofa yang merupakan penggagas adanya wisata desa buatan yang saat ini sedang naik daun di Tulungagung, mengatakan bahwa usaha yang dilakukan semata-mata untuk meningkatkan taraf hidup ekonomi warganya.

Baca Juga : Bupati Jombang Mulai Sosialisasikan Pelaksanaan Pilkades Serentak

"Dengan kehadiran Nangkula Park ini, banyak sudah mengentaskan pengangguran di desa karena yang terlibat bekerja ada 41 karyawan, selain itu kini banyak ibu rumah tangga yang membuat usaha jajanan maupun souvenir yang dijual di Nangkula Park," kata Anang.

Kepala desa Kendalbulur iki juga mengucapkan terima kasih pada pihak Kementerian Desa dan PDT, Bupati, DPRD Kabupaten Tulungagung dan semua pihak yang hadir dan memberikan apresiasi dan semangat untuk maju kedepan yang lebih baik.

Dalam Webinar itu, kegiatan dilaksanakan tetap dengan menjaga protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak dan menggunakan masker pelindung.