Tujuh Daerah Tapal Kuda Terima Bantuan Ventilator dari Pemprov Jatim | Jatim TIMES

Tujuh Daerah Tapal Kuda Terima Bantuan Ventilator dari Pemprov Jatim

Sep 21, 2020 19:42
Gubernur Jatim Khofifah
Gubernur Jatim Khofifah

Tujuh daerah Tapal Kuda di Jatim menerima bantuan ventilator dari Pemprov Jatim. Tujuh daerah tersebut adalah Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi.

Bantuan diserahkan secara langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Dengan bertempat di Pendapa Bupati Probolinggo, Senin (21/9) sore.

Usai kegiatan Khofifah menyampaikan total ada 210 bantuan dari Kementerian Kesehatan ke Pemprov Jatim. "Kemudian kita menyampaikan informasi ini ke 127 rumah sakit rujukan di Jatim. Lalu 102 di antaranya mengajukan ventilator dan yang kami bagi saat ini hingga tinggal Kota dan Kabupaten Kediri," ujarnya.

Khofifah menjelaskan sambil membagi, ventilator ini merupakan layanan kuratifnya. "Preventifnya tetap harus bermasker maka kita bagi ke pendamping PKH, pendamping desa, tagana, mereka adalah relawan yang mendampingi para KPM (keluarga penerima manfaat)," tuturnya.

Sehingga dari sini menurut Khofifah promotifnya jalan, kuratifnya jalan. "Berarti ini kan kesehatan. Maka lini ekonominya adalah kita menyampaikan PKK Puspa. Bantuan keuangan khusus untuk pemberdayaan usaha perempuan. Berdasarkan pengajuan bisa diverivikasi ini diprioritaskan untuk pendamping klien pendampingan bagi PKPMPH yang siap mandiri," kata mantan Menteri Sosial RI ini.

Selain itu jelas Khofifah biasanya keluarga penerima manfaat PKH ada wisudanya kalau sudah siap mandiri. "Nah kalau mereka sudah mandiri berarti mereka sudah tidak lagi menjadi KPM PKH. Maka proses transisi melalui pendekatan ekonomi kita bagikan yang sudah diajukan di masing-masing kabupaten yang sudah menyiapkan daftar KPM yang siap mandiri," bebernya.

Disamping itu kata Khofifah ada lagi support program dari pusat. "Pak Presiden siapkan format bantuan subsidi gaji atau bantuan subsidi upah. Hari ini sudah lebih 1 juta yang cair. Mereka mendapatkan tambahan 600 ribu kali empat bulan," cetus ibu empat orang anak ini.

Dengan adanya ini dia berharap ingin sampaikan pesan bahwa apa yang mereka dapatkan tambahan ini untuk bisa memberikan penguatan gizi keluarga. "Harapannya adalah imunitas gizi makin baik maka kita makin bisa menekan penyebaran Covid-19," imbuh perempuan yang juga Ketua Muslimat NU ini.

Topik
Rumah Sakit Rujukan Covid 19 rumah sakit dapat ventilator bantuan Ventilator

Berita Lainnya