Kali Bambe Dibersihkan, Aliran Sungai Brantas pun Lancar | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Kali Bambe Dibersihkan, Aliran Sungai Brantas pun Lancar

Sep 17, 2020 17:28
Kegiatan kerja bakti di Kali Bambe
Kegiatan kerja bakti di Kali Bambe

SURABAYATIMES - Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Jasa Tirta 2, Balai Besar Wilayah Sungai, TNI AL dan PT Wings bahu-membahu untuk melakukan tanggung jawab sosial mengenai permasalahan lingkungan. Utamanya bersih-bersih sampah yang berada di aliran sungai Brantas.

Kelima lembaga itu terjun ke sungai dalam kegiatan yang diberi nama ‘Gerakan Adopsi Sungai Brantas’ yang diinisiasi oleh PT Wing yakni dengan mengadakan bersih-bersih sungai di Kali Tengah, Bambe, Gresik, Kamis (17/9).

Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 100 orang dari 5 lembaga tersebut, melakukan bersih-bersih aliran Kali Tengah, yang merupakan aliran Sungai Brantas. Titik bersih-bersih sampah di wilayah Bambe itu dipilih sebab, aliran Kali Tengah itu lah yang sering menjadi penyebab banjir di wilayah sekitar. 

Kali itu dipilih berdasarkan survei dan kajian bersama Dinas Lingkungan Hidup Jatim, Perum Jasa Tirta, Balai Besar Wilayah Sungai dan pejabat sekitar.

Manager Marketing Support Wings Surya, Lilik Sianto mengatakan, salah satu fokus utama PT Wings Group saat ini adalah mengenai permasalahan lingkungan hidup utamanya sampah yang menumpuk di air. Kegiatan bersih sungai tersebut merupakan kegiatan pertama yang dilakukan di Wilayah Surabaya Raya (Surabaya, Gresik, Sidoarjo).

“Jika kita bicara sungai, saat ini isu yang berkembang adalah mikroplastik yang berasal dari sampah itu. Makanya kami sekarang adakan bersih-bersih sungai dengan lembaga terkait. Namun jelas, kami tidak hanya fokus di pembersihan saja, namun juga sosialisasi ke warga yang rumahnya dekat sungai, untuk menjaga sungai ini. Kita akan lakukan penyuluhan,” kata Lilik.

Meski begitu Lilik mengatakan warga tidak akan nurut jika hanya diberi sosialisasi. Maka dari itu, pihaknya juga memfasilitasi dengan memberikan tong sampah berukuran jumbo, yang akan diletakkan di pemukiman warga. Sehingga tak lagi buang sampah ke sungai. 
“Kita juga sediakan tempat sampahnya, biar warga sudah ada fasilitas yang mumpuni,” katanya.

Di tempat yang sama, Plt Dinas Lingkungan Hidup Jawa Timur, Sinarto mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh PT Wings Group itu. Menurutnya, itu adalah salah satu bentuk tanggung jawab dan ikhtiar yang baik dari sebuah perusahaan, yang sudah memahami persoalan yang ada di lingkungan sekitar.

Terlebih PT Wings Group merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi makanan, minuman, dan perawatan di segala bidang. Baik rumah tangga, tubuh, dan juga pakaian. Maka dari itu, perusahaan tersebut juga menggunakan plastik sebagai kemasan produknya yang kemudian akan menjadi sampah plastik.

“Ini berarti sudah ada tanggung jawab dari perusahaan ya. Kami berharap semoga nanti perusahaan lain yang juga serupa produksinya, juga menginisiasi kegiatan seperti ini. sehingga nantinya, lingkungan dan alam di Jawa Timur bisa terjaga dengan baik,” kata Sinarto.

Sementara itu, kepala Divisi Jasa Tirta 2, Arief Budianto mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan bersih-bersih sungai itu. Menurutnya itu adalah upaya untuk mengatasi permasalahan sampah plastik yang selama ini menghantui aliran sungai. “Kegiatan pada pagi hari ini diharapkan bisa menjadi contoh untuk di wilayah sungai yang lain sehingga harapannya kegiatan bersih-bersih ini paling tidak bisa mengurangi sampah sampah,” imbuh Arief.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kali Bambe Surabaya Sungai Brantas Surabaya

Berita Lainnya