Tahun Ini Festival Mbois Digelar Virtual, Catat Jadwalnya | Jatim TIMES

Tahun Ini Festival Mbois Digelar Virtual, Catat Jadwalnya

Aug 14, 2020 15:44
Poster Festival Mbois 5. (Foto: Istimewa).
Poster Festival Mbois 5. (Foto: Istimewa).

Event bagi insan kreatif di Kota Malang, Festival Mbois 5 bakal tetap hadir menyambut masyarakat. Jika tahun sebelumnya, event tersebut dilaksanakan pada bulan Oktober, tahun ini acara dimajukan pada bulan Agustus 2020.

Bertepatan dengan semangat Hari Kemerdekaan RI, Festival Mbois tahun ini juga diadakan berbeda. Yakni, dengan dikemas secara virtual. Tak lain, karena digelar di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga : Festival Ekonomi Syariah 2020 Tetap Digeber, Jatim Jadi Tuan Rumah

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Wahyu Setianto menyatakan gelaran salah satu event tahunan terbesar di Kota Malang tahun ini sekaligus untuk menyemarakkan HUT RI ke-75 tahun.

"Rencana kemarin itu memang untuk bisa menyemarakkan juga HUT Kemerdekaan RI yang ke- 75," ujarnya saat dihubungi MalangTIMES, Jumat (14/8/2020).

Gelaran festival yang mewadahi insan kreatif tersebut nantinya akan dimulai akhir bulan ini tepatnya pada tanggal 27 Agustus - 16 September 2020 mendatang.

Bertema Kolaborasi Indonesia Raya ini nantinya akan menghadirkan acara berkonsep diskusi dan webinar dengan tema-tema kesenian dan dunia kreatif.

Memang, acaranya tak sesemarak tahun lalu mengingat digelar dengan beragam kegiatan. Mulai dari fashion, games, hingga mewadahi produk-produk UMKM Kota Malang untuk dipublikasikan.

"Karena sekarang kita lebih memaksimalkan daring, untuk acaranya akan banyak diskusi, lalu juga ada webinar juga. Jadi yang sifatnya seperti tahun lalu, untuk saat ini tidak ada. Seluruh konsep dibuat oleh teman-teman Malang Creative Fusion (MCF)," terangnya.

Di antara kegiatan tersebut yakni, akan ada Mbois Talk, Mbois Tour, Mbois Art Week, Mbois Hack Jam, Mbois Store, dan Mbois Grand Show.

Baca Juga : Wagub Emil Mengapresiasi dan Mendukung Pemberdayaan UMKM Produsen Masker di Kota Mojokerto

Khusus tanggal 27-31 Agustus 2020 akan ada pameran karya-karya seni di Kota Malang. Di antaranya persembahan dari Malang Mural Family, Articilture, Wat Wet Kolase, Godder, Art Home, Pawitra Project, KGSP, Serbuk Kayu, Teater Q. Serta juga akan ada workhsop dunia seni kreatif.

Semua acara nantinya juga akan ditampilkan di semua platform digital Festival Mbois dan disiarkan langsung di kanal youtube Festival Mbois.

Lebih jauh, Wahyu mengharapkan bagi warga Kota Malang untuk tetap menyemarakkan salah satu event tahunan terbesar di Kota Malang itu. Meski di tengah pandemi, acara ini tetap dihadirkan untuk tetap memberikan edukasi dan hiburan baik bagi masyarakat umum maupun pelaku industri kreatif.

"Momen Festival Mbois kan sudah jadi trademark (identitas)-nya Pemerintah Kota khususnya Diskopindag sekarang. Kita memang apapun itu situasinya selama itu kita bisa kita laksanakan, ya kita laksanakan. Kita gelar secara daring. Jadi kegiatan itu tidak mati dan tidak putus. Teman-teman juga tetap bisa menyemarakkan," tandasnya.

Topik
Berita Malang Festival Mbois HUT RI ke 75 Kepala Diskopindag Kota Malang UMKM Kota Malang Malang Creative Fusion

Berita Lainnya