Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Empat Nama Ini Berpeluang Direkom DPP PDIP untuk Pilwali Surabaya

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Yunan Helmy

11 - Aug - 2020, 16:29

Placeholder
Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi

SURABAYATIMES - Hingga saat ini DPP PDIP belum menurunkan rekomendasi bagi calon wali kota dan wakil wali kota di Surabaya. Namun, diperkirakan rekom baru turun jelang akhir Agustus atau awal September.

Selasa (11/8) DPP PDIP baru mengeluarkan rekomendasi kembali untuk lima daerah di Jatim. Yaitu Kabupaten Tuban, Kabupaten Gresik, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Ponorogo.

Untuk Tuban, yang direkom adalah  pasangan Setiajit dan Armaya Mangkunegara. Untuk Gresik, ada pasangan Fandi dan Achmad Yani.  Di Banyuwangi, PDIP mengusung pasangan Ipuk Fiestiandani dan Sugirah, Lamongan pasangan Kartika Hidayati dan Sa'im, serta di  Ponorogo Sugiri Sancoko dan Lisdyarita.

Sementara yang belum adalah Kota Surabaya, Kabupaten Jember, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Sidoarjo. Rencananya lima daerah ini nanti bakal diumumkan gelombang terakhir pada 19 Agustus.

"Nanti tanggal 19 (Agustus 2020). Insya Allah pada putaran terakhir (tahap keempat)," kata Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi di Kantor DPD PDIP Jatim.

Khusus untuk Kota Surabaya, mencuat isu nama Whisnu Sakti Buana selaku wakil wali Kota Surabaya dan Eri Cahyadi selaku kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya yang bakal mendapatkan rekom sebagai pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota.

Ditanya mengenai ini, Kusnadi tidak menampik. Namun, dia menyatakan itu semua kembali merupakan wewenang DPP PDIP. "Yang pasti masih ada pertimbangan A dan B. Ada Whisnu, Eri,  Armuji, Edi Tarmidi. Yang daftar kita usulkan," lanjut dia.

Dari empat nama yang disebut oleh Kusnadi tersebut, tiga di antaranya meruapakan "anak ideologis" yang merupakan kader asli PDIP. Yakni, Whisnu Sakti, Armuji, dan Edi Tarmidi. Sedangkan Eri Cahyadi berlatar belakang ASN di Pemkot Surabaya.

Menurut Kusnadi, keempatnya dipastikan sudah mendaftar semua. Sebab, di PDIP ada empat jalur pendaftaran, yaitu lewat PAC, DPC, DPD dan DPP.

"Kalau lewat PAC, DPC, DPD dibatasi waktunya. DPP nggak ada batas waktu, sebelum pengumuman rekom. Syaratnya harus daftar," imbuh pria yang juga ketua DPRD Jatim ini.

 


Topik

Politik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Yunan Helmy