DPD Nasdem Kabupaten Blitar menyerahkan rekomendasi kepada Rijanto-Marhaenis.(Foto: Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
DPD Nasdem Kabupaten Blitar menyerahkan rekomendasi kepada Rijanto-Marhaenis.(Foto: Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Dukungan kepada calon petahana Rijanto-Maerhaenis Urip Widodo untuk maju di Pilkada Kabupaten Blitar 2020 terus berdatangan dari sejumlah partai politik. Kali ini dukungan datang dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ditandai dengan Deklarasi. 

Deklarasi digelar Kamis (6/8/2020)  di Kampung Coklat dihadiri kader Nasdem dari PDI Perjuangan Kabupaten Blitar.

Baca Juga : Dalam Situasi Pandemi Covid-19, Bapaslon SanDi Launching Tim Kampanye

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten Blitar, Nurhadi mengatakan, dukungan kepada Rijanto-Marhaenis didasarkan pada rekomendasi yang merupakan keputusan langsung dari Ketua Umum Partai Nasdem. Rekomendasi diberikan setelah Nasdem melakukan survey internal. 

“Survey kami lakukan dan hasilnya menyatakan bahwa masyarakat masih menginginkan pasangan petahana memimpin Kabupaten Blitar di periode mendatang. Masyarakat ingin pasangan Rijanto-Marhaenis memimpin Kabupaten Blitar untuk periode kedua,” ungkap Nurhadi. 

Faktor lain yang menjadi alasan bagi Nasdem memberikan dukungan kepada Rijanto-Marhaenis, adalah karena pasangan ini punya segudang prestasi dalam memimpin Kabupaten Blitar lima tahun terakhir. Salah satunya di bidang pengelolaan keuangan mendapat predikat Wajar Tanpa Pengencualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). 

“Mendukung Rijanto-Maehaenis untuk terpilih kembali akan menjadi kekuatan kita untuk membangun daerah. Saat ini Nasdem punya dua anggota DPRD dan satu anggota DPR RI. Kolaborasi ini memiliki progress yang bagus. Untuk memenangkan pasangan ini, kami akan  akan gabungkan kekuatan dari pengurus DPD yang lama dan yang baru,” tegasnya. 

Sementara Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Blitar, Marhaenis Urip Widodo menyampaikan terima kasih kepada Nasdem. Kolaborasi dengan Nasdem menurutnya bukan hal baru dan sudah terjalin sejak 2014. Komitmen tinggi menjadikan dua partai ini hingga kini tidak pernah bergesekan. 

“Pintu kami buka selebar-lebarnya kepada parpol lain untuk bergabung. Beberapa partai sudah ada komunikasi dengan kami, salah satunya Partai Amanat Nasional (PAN),” katanya. 

Senada dengan Marhaenis, Rijanto di kesempatan yang sama juga menegaskan dukungan dari Partai Nasdem ini menjadi modal untuk bersama-sama merapatkan barisan menuju Pilkada 2020. 

Baca Juga : Mengerucut Satu Nama, Goklar Usulkan Gus Hans Dampingi Machfud Arifin

 "Nasdem dan PDIP ini sama-sama partai nasionalis. Dukungan ini jadi modal bagi kita untuk merapatkan barisan di Pilkada Kabupaten Blitar. Tentunya seperti yang selalu disampaikan Ketua DPC PDIP kami akan membuka pintu selebar-lebarnya untuk koalisi dari Parpol lain,” tandasnya.

Rijanto-Marhaenis digadang-gadang sebagai pasangan calon terkuat di Pilkada Kabupaten Blitar 2020. Selain mereka, nama-nama lain yang santer dikabarkan akan maju di Pilkada adalah Rini Syarifah atau yang Mak Rini. 

Selain itu adapula politisi Partai Gerindra yang juga anggota DPRD Kabupaten Blitar Sugianto  serta pasangan Abdul Azis-Risyad yang balihonya tersebar di mana-mana. Dari sejumlah nama tersebut baru pasangan Rijanto-Marhaenis yang sudah mendapat rekomendasi dari partai pengusung.