Kapolda Jatim Irjen Pol Dr Mohammad Fadil Imran saat berbincang santai bersama pengasuh ponpes Al-Amien Kiai Fauzi Tidjani (Foto: Syaiful Ramadhani/JatimTIMES)
Kapolda Jatim Irjen Pol Dr Mohammad Fadil Imran saat berbincang santai bersama pengasuh ponpes Al-Amien Kiai Fauzi Tidjani (Foto: Syaiful Ramadhani/JatimTIMES)

Jelang Pilkada serentak 2020, Kapolda Jatim Irjen Pol Dr Mohammad Fadil Imran silaturahmi ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Amien Prenduan, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Kamis 6 Agustus 2020.

Didampingi Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah, kedatangan Kapolda Jatim disambut langsung pengasuh ponpes Al-Amien Kiai Fauzi Tidjani bersama Bupati Sumenep A. Busyro Karim.

Baca Juga : Efektif Tekan Covid 19, Polres Madiun Kota Kian Gencar Bentuk Kampung Tangguh Semeru

"Kunjungan ini sebagai silaturahmi ke salah satu pondok pesantren besar di Jawa Timur dan memiliki sejarah panjang dalam menyampaikan syiar-syiar Islam, serta melakukan edukasi dan pendidikan kepada umat," kata Fadil kepada wartawan di lokasi.

Dia menyebutkan, kedatangannya itu juga untuk meminta dukungan para kiai dan ulama dalam menghadapi situasi pandemi covid-19 dan Pilkada serentak 2020.

"Karena kiai dan ulama pasti mencari solusi yang baik, dari doanya, ajakan dan tindakannya. Mudah-mudahan covid-19 ini juga segera berlalu, dan Sumenep segera kembali ke zona hijau," tutur Fadil.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Sumenep A. Busyro Karim sangat antusias dan menyambut baik kedatangan Kapolda Jatim beserta Pangdam V Brawijaya.

"Saya sampaikan terimakasih karena ini sebagai perhatian khusus dari Pak Kapolda dan Pangdam V Brawijaya untuk menjaga keamanan Sumenep," ujar bupati dua periode ini.

Bupati mengungkapkan giat silaturahmi Kapolda bersama rombongan tersebut juga untuk menyoal tentang masa pandemi covid-19 dan pelaksanaan Pilkada Sumenep 2020. "Yang dibahas tentang pandemi covid-19 dan Pilkada 2020," jelasnya.

Sementara itu, pengasuh Ponpes Al-Amien, kiai Fauzi Tidjani menyampaikan jika kedatangan Kapolda Jatim bersama rombongan dalam kunjungannya itu menggambarkan sebagai seorang pemimpin yang cinta akan ulama.

Baca Juga : BMKG Ungkap Penyebab Cuaca Dingin di Sumenep

"Ini sebagai salah satu tokoh agama di Sumenep. Kami sangat akrab dengan beliau, dan sebagaimana beliau mengharapkan harapan kepada tokoh agama termasuk kami. Kami akan segera bersinergi dengan beliau," katanya.

Selain itu, sesegera mungkin pihaknya akan menyusun strategi dan konsep untuk menjalin kerjasama bersama masyarakat khususnya di Sumenep. Bahkan dirinya berjanji akan segera koordinasi dengan ikatan besar keluarga Al-Amien (Ikbal) untuk mensupport kinerja kepolisian itu.

"Kerjasama ini termasuk di Madura dan se Jawa Timur. Karena kebetulan seluruh santri kami lebih dari 10 ribu tersebar di seluruh wilayah," urainya.

"Ikbal ini berkantor dan berpusat disetiap wilayah kecamatan. Dari merekalah hubungan kami menjalin kerjasama, baik keamanan, kesejahteraan dan lainnya. Bahkan dengan kondisi politik pun kami akan menjalin koordinasi bersama jaringan kami supaya menciptakan ketenangan, menciptakan politik yang harmonis," jelas kiai Fauzi.