Pelaku yang berupaya kabur membawa motor curian dari halaman parkiran masjid (Ist)
Pelaku yang berupaya kabur membawa motor curian dari halaman parkiran masjid (Ist)

Kamera CCTV yang terpasang di Masjid Manarul Huda yang ada dikawasan Jalan Raya Sumbersari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, sempat merekam aksi pencurian kendaraan bermotor yang dilakukan oleh sepasang sejoli, Kamis (30/7/2020).

Dalam rekaman CCTV, pelaku masuk ke halaman parkir masjid sekitar pukul 04.30 WIB. Saat itu, pelaku menggunakan motor berjenis Honda Beat yang plat nomornya tak terlihat jelas di rekaman CCTV.

Baca Juga : Kasihan, Ditinggal Salat Subuh, Motor Guru Pondok Dicuri

 

Pelaku pria mengenakan jaket biru muda, bercelana jeans dan juga mengenakan helm warna kuning. Sementara pelaku wanita yang mengenakan jaket lengan hitam merah dan celana jeans.

Usai masuk ke halaman parkir, pelaku langsung berpura-pura memarkirkan kendaraannya di samping kendaraan lain. Setelah itu, pelaku pria langsung turun menghampiri motor yang menjadi incarannya.

Sementara pelaku wanita sempat berpura-pura akan masuk ke dalam masjid. Namun oleh pelaku pria langsung dipanggil lagi untuk kembali ke kendaraannya dan kemudian keluar dari halaman parkir membawa kendaraannya sendiri.

Pelaku pria nampak dari CCTV merogoh sebuah alat yang diduga merupakan kunci T dari tasnya untuk merusak kunci kontak motor. Setelah berhasil, pelaku kemudian langsung menurunkan helm yang ada di motor dan dengan tergesa-gesa langsung memundurkan motor keluar dari parkiran dan segera kabur.

Marbot Masjid, Manarul Huda, Syamsul (52) mengatakan, jika kejadian tersebut berlangsung cepat. Diperkirakan mulai masuk hingga membawa kendaraan curian pelaku hanya membutuhkan sekitar dua menit.

"Motor yang dicuri Honda CB 150, nopolnya S 5532 BH milik salah seorang jamaah. Saat itu korbannya memang sedang salat subuh," jelasnya.

Korban begitu kaget ketika usai salat subuh dan keluar malah mendapati motornya telah raib dari lokasi parkiran masjid. Kondisi motor korban saat itu memang dalam posisi terkunci stang. Melihat dari aksi pelaku yang tergolong begitu cepat, diduga jika pelaku memang telah kerap kali beraksi.

Paska kejadian tersebut, pihak korban telah melaporkan kejadian pencurian ke Polsek Lowokwaru. Sementara itu, pihak masjid akan memperketat keamanan di sekitar masjid saat jalannya salat subuh.

Baca Juga : Hati-Hati, Pelaku Curanmor Mulai Pintar, Gondol Motor Tanpa Alarm Bunyi

 

"Pagar nanti akan ditutup saat salat, sehingga diharapkan kejadian seperti itu tidak terulang lagi," jelasnya.

Sementara itu, seperti diberitakan MalangTIMES, kejadian dua sejoli menggasak motor di halaman parkiran masjid juga pernah terjadi di halaman Masjid Al Ishlah, Jalan Vinolia, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Kejadian tersebut, diketahui terjadi pada 20 Agustus 2019 sekitar pukul 19.00 WIB.

Saat itu, modusnya begitu turun di parkiran, pelaku kemudian melepas helm dan jaket. Pelaku pria masuk ke dalam masjid agar seolah-olah terlihat akan melakukan salat.  

Namun, hal itu merupakan akal-akalan pelaku yang sengaja masuk hanya untuk mengecek situasi dan memastikan jika semua orang, termasuk pemilik sepeda motor yang terparkir di halaman, sudah khusyuk menjalankan shalat.

Setelah itu pelaku keluar dan segera melancarkan aksinya untuk menggasak motor uang diincarnya dan kemudian kabur.