Kegiatan MPLS di SMK Negeri 1 Kota Madiun
Kegiatan MPLS di SMK Negeri 1 Kota Madiun

Pelaksanaan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) bagi siswa baru di SMKN 1 Madiun tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. SMKN 1 sebagai sekolah terfavorit yang beralamat di Jl. Thamrin No.1 Oro-oro Ombo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun ini menyelenggarakan MPLS yang layak diberikan apresiasi.

Jika pada tahun 2019 seluruh siswa baru hadir di sekolah untuk mengikuti MPLS selama 3 hari dilanjutkan 2 hari sesudahnya diadakan pembinaan karakter. Hal ini berbeda, MPLS tahun ini dilakukan secara daring, mengingat situasi masih darurat pandemik.  

Baca Juga : UIN Malang Bantu Paket Data Maksimal 40 Giga, Mahasiswa Jangan Salah Input Nomor Ponsel

 

Meski begitu MPLS yang diselenggarakan oleh SMK Negeri 1 menarik dan inovativ. Drs.Suwad Supiarso selaku Wakil Kepala Kesiswaan menyampaikan bahwa dari 18 kelas, panitia menugaskan perwakilan 2 siswa dari tiap kelas untuk datang ke sekolah mengikuti MPLS secara daring dan tatap muka. 

Selebihnya mengikuti MPLS secara daring karena seluruh sesi ditayangkan live streaming melalui kanal Youtube.

"Beberapa materi diberikan oleh bapak ibu guru dan Narasumber seperti dari Polsek Kartoharjo, Polresta Madiun, Dinsos, Dinkes dan Kejaksaan. Adapun materi yang disampaikan antara lain meliputi UU ITE, kenakalan remaja, ketertiban lalu lintas, NAPZA dan Bullying," jelasnya.

Selain itu siswa diberikan penugasan melalui online dan setiap harinya dipilih siswa yang terbaik. Diadakan pula lomba video MPLS dengan memuat fitur-fitur materi dan video yang ditayangkan di kanal youtube diiringi lagu Mars STM 1.  

Suyono,S.Pd.M.Pd selaku Kepala Sekolah menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya kepada masyarakat kota, kabupaten Madiun dan sekitarnya yang telah memberi kepercayaan sangat tinggi, hal ini terbukti bahwa animo tahun pelajaran 2020/2021 melebihi pagu.

Baca Juga : SDN di Tulungagung Lakukan Pembelajaran Home Visiting, Dua Kali Seminggu

 

Dia berharap kepada guru, pegawai dan pengurus OSIS yang bergabung dalam pelaksanaan tugas, melakukan kegiatannya sesuai juknis MPLS dan selalu melaksanakan dan memperhatikan protokol kesehatan.

"Dan bagi siswa yang memiliki potensi di bidang seni, budaya dan sains silahkan kembangkan di SMK Negeti 1 Madiun melalui kegiatan ekstrakuler," pungkasnya.