Wisata Hutan Pinus Loji di Desa Tulungrejo, Kabupaten Blitar. (Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Wisata Hutan Pinus Loji di Desa Tulungrejo, Kabupaten Blitar. (Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Bosan travelling ke tempat wisata yang itu-itu saja? Cobalah libuan ke destinasi yang anti-mainstream. 

Salah satu yang layak Anda pertimbangkan adalah piknik ke hutan pinus. Ya, wisata hutan pinus dalam beberapa waktu terakhir tengah ngehits dan jadi primadona di Indonesia. 

Baca Juga : Ngopi Asyik di Atas Bus Keliling Kota Malang, Ini Jadwal, Tarif, Rute dan Fasilitasnya

Dengan kekayaan alamnya, sudah bukan rahasia lagi bila Indonesia memiliki sejumlah hutan pinus yang tersebar di sejumlah daerah. Beberapa daerah juga menggarap cukup serius untuk menjadikan spot ini sebagai destinasi wisata hutan pinus yang ngehits. Salah satunya Kabupaten Blitar. 

Terkenal sebagai daerah yang subur, Kabupaten Blitar tak hanya memiliki wisata Hutan Pinus Gogoniti. Daerah ini juga punya wisata Hutan Pinus Loji di Desa Tulungrejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

 Berada tepat di lereng Gunung Kelud, piknik ke Hutan Pinus Loji akan dimanjakan dengan panorama alam dan udara segar di antara pepohonan. Di tempat ini traveller juga bisa berfoto dengan nuansa yang Instagrammable. Jadi, siapa yang tidak mau bisa berwisata di tempat seperti ini.

Penasaran dengan wisata yang lagi viral ini, BLITARTIMES mencoba ngetrip tipis-tipis sambil riding ke wisata yang berada di jalur pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo ini pada Minggu (12/7/2020). Untuk menuju wisata ini, kami mencoba melewati jalur pedesaan dengan lewat jalur Kota Blitar-Garum-Gandusari.

 Ya, kami ingi menjajal serunya menuju wisata ini dengan motoran sambil menikmati indahnya panorama pedesaan di Blitar.  Dari Kota Blitar, wisata ini kurang lebih bisa ditempuh dalam jarak waktu satu jam perjalanan. 

Menuju kawasan wisata ini juga bisa ditempuh cukup mudah dari Kecamatan Wlingi. Jalan menuju wisata ini beraspal cukup baik. Setelah riding perjalanan, wisata ini sangat recomended bagi traveller yang ingin ke sana dengan bermotor. 

Dari Wlingi, traveller bisa menempuhnya dengan jarak kurang lebih 30 menit. Jalurnya, dari Wlingi lurus ke utara lewat perkebunan Bantaran hingga masuk jalur pendakian Gunung Kelud di Desa Tulungrejo. Yup, lokasi wisata ini tak jauh dari basecamp pendakian Gunung Kelud di Desa Tulungrejo. 

Setelah satu jam perjalanan dari Kota Blitar, BLITARTIMES bersama teman-teman biker dari Komunitas Vespa Modern (Vesmod) Indonesia tiba di lokasi wisata Hutan Pinus Loji. Sekadar diketahui, selama pandemi virus corona (covid-19), wisata ini baru dua minggu terakhir dibuka. 

Setiba di pintu gerbang masuk, kami dicek suhu tubuh oleh petugas yang berada di pos penjagaan. Untuk pencegahan covid-19, wisata ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

“Permisi Pak, kami cek suhu tubuh dulu. Terima kasih Pak. Silakan masuk. Jangan lupa selama di area wisata untuk menjaga jarak dengan pengunjung yang lain,” ujar salah satu penjaga di pos masuk pintu gerbang kepada kami. 

Baca Juga : Taman Wisata Alam Kawah Ijen Kembali Dibuka untuk Wisatawan

Menginjakkan kaki di Hutan Pinus Loji, kami disambut dengan pemandangan yang cantik. Barisa pohon-pohon pinus menjulang tinggi berjajar rapi.

 Menikmati pemandangan pohon pinus yang rindang dengan segala kesejukannya merupakan salah satu alternatif untuk menghabiskan waktu luang. Bagi Anda yang hobi foto, wisata hutan pinus menghadirkan berbagai objek menarik. 

“Sugeng rawuh di Hutan Pinus Loji, Mas dan Mbak. Selamat menikmati liburan. Wisata di sini baru dua minggu dibuka sejak pandemi. Ramainya setiap sabtu-minggu saja,” kata Pak De Hadi, salah satu pemilik warung di area wisata. 

Informasi yang dihimpun BLITARTIMES, pohon-pohon pinus di kawasan ini telah ada sejak lama. Sejak beberapa tahun yang lalu, kawasan ini oleh Perhutani dikembangkan menjadi wisata bekerja sama dengan Karang Taruna Desa Tulungrejo. 

Kawasan wisata ini terus berkembang. Selain pohon-pohon pinus yang jaraknya berdekatan dengan penataan lingkungan yang bersih, tempat ini juga di bubuhi dengan ornamen-ornamen seperti kursi warna warni, spot selfie ala zaman now atau bisa disebut dengan ala instagramable. 

Fasilitas di kawasan wisata ini juga sudah tergolong lengkap. Di antaranya arena mini-trail yang bisa disewakan perjamnya. Tempat ini juga sudah ada toilet dan warung-warung kecil. 

“Menyenangkan sekali ngetrip di hutan pinus ini. Tempatnya benar-benar amazing.  Suasana yang sejuk dan pohon pinus yang terlihat apik menjadi daya tarik tersendiri. Suasananya tenang dan nyaman, asyik banget buat camping dan wisata keluarga,” ujar Yossytama, salah satu rekan biker dari Vesmod Indonesia.

Sekadar diketahui, lokasi wisata Hutan Pinus Loji juga tidak jauh dari wisata Rambut Monte di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari. Untuk menuju Rambut Monte, bisa ditempuh dengan jarak 10 menit saja.  Rutenya, dari Desa Tulungrejo lurus ke utara kurang lebih sekitar 3 kilometer. Setelah memasuki Desa Krisik, traveller akan menemukan penunjuk arah menuju  Rambut Monte. Pikinik jadi makin seru kan traveller. Amazing Blitar.