Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lingkungan

Kerja Bakti, Warga Peh Wetan Kediri Bakal Ubah Sungai Mati untuk Budidaya Ikan

Penulis : Bambang Setioko Kediri TIMES - Editor : Nurlayla Ratri

12 - Jul - 2020, 17:59

Placeholder
Sengaja kegiatan tersebut dilakukan bertujuan untuk memanfaatkan sungai yang mati untuk memelihara ikan. (Foto: Bambang Setioko/JatimTIMES)

Babinsa Desa Peh Wetan Kecamatan Papar Kabupaten Kediri Serma Sunarko bersama pemerintah desa setempat dan masyarakat melaksanakan karya bakti padat karya gotong royong membersihkan sungai di Dusun Gondang Desa Peh Wetan Kecamatan Papar Kabupaten Kediri, Minggu (12/7/2020). 

Kegiatan tersebut sengaja dilakukan untuk memanfaatkan sungai yang mati sebagai sarana budidaya ikan.

Baca Juga : DLH Kota Malang Keluhkan Ulah Usil Warga Cabut Pohon yang Ditanam

Dalam kegiatan tersebut, warga memanfaatkan alat ala kadarnya seperti cangkul dan sabit. Masyarakat bersama Babinsa membersihkan sampah, semak belukar dan rerumputan.

Selain itu, sasaran kerja bakti gotong-royong juga pembersihan sekitar kanan kiri jalan, pemangkasan rumput dan ranting pohon yang membahayakan bagi masyarakat pengguna jalan.

Serma Sunarko menuturkan, kegiatan ini tentunya dengan memanfaatkan sungai mati ini digunakan sebagai tempat pemeliharaan ikan dapat menjadi desa yang mandiri.

"Sungai mati ini bisa dimanfaatkan untuk memelihara ikan. Bisa digunakan budidaya ikan dan bisa dikembangkan lagi sebagai tempat pemancingan," tutur Serma Sunarko.

Baca Juga : Jembatan Kedungkandang Dibangun, DLH Kota Malang Pindahkan 70 Pohon

Sementara itu, Kepala Desa Peh Wetan Rudy Santoso mengungkapan pemanfaatan sungai mati ini dijadikan tempat pemeliharaan ikan tentunya dapat meningkatkan perekonomian kepada masyarakat.

"Dengan dimanfaatkannya aliran sungai yang mati ini tentunya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di desa. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini kita harus bisa mandiri," ungkap Rudy.


Topik

Lingkungan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Bambang Setioko Kediri TIMES

Editor

Nurlayla Ratri