Bioskop ( Foto: HOME Manchester)
Bioskop ( Foto: HOME Manchester)

Di masa pandemi Covid-19 ini banyak tempat-tempat yang biasanya dikunjungi banyak orang kini ditutup sementara. Salah satunya yakni bioskop.  

Padahal, bioskop merupakan salah satu sarana hiburan bagi masyarakat untuk menonton film layar lebar. Hal tersebut dilakukan lantaran untuk menanggulangi penyebaran Covid-19.  

Baca Juga : Perhiasan-Perhiasan Unik, Berbentuk Hansaplast hingga Alat Potong Kuku

Setelah tutup sementara di tengah pandemi Covid-19, kini beredar informasi bahwa bioskop di seluruh Indonesia akan dibuka kembali pada 29 Juli 2020. Kabar tersebut disampaikan oleh Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBS) Djonny Syafruddin.  

Dibukanya kembali bioskop ini terkati dengan dengan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 serta Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 02/KB/2020 tentang Panduan Teknis Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Bidang Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif dalam Masa Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat COVID-19.

"Pelaku industri bioskop sudah berdiskusi dan sepakat untuk kembali melakukan kegiatan operasional sejak Rabu 29 Juli 2020," ujar Djonny.  

Seluruh pengusaha bioskop membutuhkan waktu dua sampai tiga mingu untuk menyiapkan protokol kesehatan di dalam bioskop. Seperti materi komunikasi dan sosialisasi penerapan protokol kenormalan baru di bioskop, proses edukasi dan pelatihan internal terkait protokol kenormalan baru kepada seluruh karyawan yang bertugas.  

Baca Juga : Justin Bieber Buka Suara Soal Tudingan Pelecehan Seksual pada 2 Perempuan

Selain itu juga komunikasi terhadap rumah produksi terkait film yang akan ditayangkan di bioskop serta promosi film. Lebih lanjut, Djonny berharap agar persiapan ini bisa berjalan dengan baik, sehingga bioskop bisa kembali dibuka.