Aksi massa PDIP di Mapolres Blitar Kota (Foto: Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Aksi massa PDIP di Mapolres Blitar Kota (Foto: Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Ratusan massa yang terdiri dari pengurus, kader dan simpatisan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Blitar melakukan aksi dengan mendatangi Mapolres Blitar Kota, Kamis (2/7/2020). Dalam aksi ini, mereka menyampaikan aspirasi terkait pembakaran bendera partai yang dilakukan oknum massa saat aksi unjuk rasa penolakan atas RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta pada  Rabu (25/6/2020).

Pantauan BLITARTIMES, massa partai berlambang moncong putih melakukan long march dari kantor DPC PDIP Kota Blitar di Jalan Dr Wahidin menuju Mapolres Blitar Kota di Jalan PB Sudirman yang berjarak sekitar 1 kilometer.

Baca Juga : Peringati Hari Bhayangkara, Polresta Kediri Salurkan Bantuan Beras

“Aksi di Mapolres Blitar Kota ini adalah dalam rangka menyampaikan aspirasi. Kami dari DPC PDIP Kota Blitar mendukung sepenuhnya aparat kepolisian dalam mengusut secara tuntas kasus pembakaran bendera PDIP di Jakarta," ungkap Ketua DPC PDIP Kota Blitar, dr Syahrul Alim.

Dikatakannya, pihaknya menilai aksi pembakaran bendera PDIP di Jakarta sebagai tindak provokasi yang bisa memecah belah bangsa. Dalam hal ini, Syahrul meminta agar kader PDIP di Kota Blitar tidak terprovokasi dengan kejadian tersebut.

"Kami menyerahkan sepenuhnya kasus ini kepada kepolisian untuk diusut tuntas. Kami mengajak warga PDIP untuk mendukung kepolisian dalam mengungkap kasus ini dan tidak terprovokasi serta tetap menjaga perdamaian Indonesia,” tandas politisi yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Blitar.

Setelah cukup lama berorasi, perwakilan PDIP Kota Blitar diantaranya ketua, sekretaris dan sejumlah pengurus diizinkan masuk ke dalam mako untuk menyampaikan aspirasi mereka kepada Kapolres Blitar Kota. Mereka diterima oleh Wakapolres Blitar Kota Kompol Nur Halim di ruang command center.

Dalam pertemuan ini, pengurus DPC PDIP Kota Blitar menyerahkan  surat aspirasi DPC PDIP Kota Blitar, untuk disampaikan kepada Kapolri melalui Polres Blitar Kota. “Aspirasi ini kami sampaikan secara berjenjang, kepada kapolda untuk diteruskan kepada kapolri,” papar Nur Halim. 

Baca Juga : Harapan Baru untuk Kabupaten Blitar, 17 Pasien Covid-19 Dinyatakan Sembuh

Kejutan datang ketika kader dan massa PDIP hendak berpamitan. Setelah menyampaikan aspirasi, massa ternyata tidak langsung beranjak kembali ke Kantor DPC PDIP.  

Mereka justru menyerahkan kue ulang tahun lengkap dengan lilin yang menyala serta rangkaian bunga kepada Wakapolres Blitar Kota. Kejutan ini untuk dilakukan dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara Ke-74.

“Dirgahayu Bhayangkara Ke-74. Semoga ke depan Polri semakin jaya dalam mengawal keamanan negara dan melindungi masyarakat,” pungkas Syahrul Alim.