Kasus Covid-19 di Kabupaten Malang Bertambah 7 Pasien, Total 135 Kasus | Jatim TIMES

Kasus Covid-19 di Kabupaten Malang Bertambah 7 Pasien, Total 135 Kasus

Jun 15, 2020 20:13
Data jumlah kasus covid-19 di Kabupaten Malang yang membludak jadi 135 kasus (Foto : Instagram Kominfo Kabupaten Malang)
Data jumlah kasus covid-19 di Kabupaten Malang yang membludak jadi 135 kasus (Foto : Instagram Kominfo Kabupaten Malang)

Memasuki masa pengetatan pasca transisi new normal life, bukan berarti jumlah kasus covid-19 berkurang. Faktanya, hingga hari ini (Senin 15/6/2020) sore jumlah pasien terkonfirmasi covid-19 di Kabupaten Malang kembali bertambah menjadi 135 kasus. 

Bupati Malang, HM Sanusi menuturkan, bertambahnya jumlah pasien terpapar covid-19 tersebut selain didominasi dari klaster Malang Utara, juga terjadi karena adanya kasus pekerja nahkoda yang pulang dengan kondisi sudah terpapar covid-19. 

Baca Juga : Cegah Covid-19, Pemkot dan Polres Blitar Kota Resmikan Pabrik Rokok Jadi Industri Tangguh

”Ini ada data baru lagi, dari (Kecamatan) Ngajum laporannya dari nahkoda kapal yang pulang ada yang positif (covid-19),” kata Bupati Malang. 

Selain itu, penambahan kasus covid-19 yang membeludak jadi 135 kasus itu, lantaran ada penambahan dari klaster Malang Utara. Terutama dari Kecamatan Lawang dan Singosari. 

”Kami berharap bisa kembali normal, karena PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) sudah kita lalui. Inikan sudah terklarifikasi (selama transisi new normal) tinggal 3 kecamatan itu aja (Karangploso, Lawang, Singosari), tapi yang Kecamatan Karangploso sudah mau bagus lagi,” terang Bupati Malang. 

Secara lebih rinci, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo, menuturkan jika dibandingkan dengan hari sebelumnya jumlah kasus hari ini (Senin 15/6/2020) mengalami peningkatan yang cukup signifikan. 

”Kemarin (Minggu 14/6/2020) jumlah kasus covid-19 di Kabupaten Malang hanya 128 kasus. Hari ini bertambah 7 kasus menjadi 135,” kata Arbani. 

Baca Juga : BREAKING NEWS: Pesawat Tempur TNI AU Jatuh di Pemukiman Warga Kampar Riau, Pilot Terluka

Senada dengan yang disampaikan Bupati Malang, pertambahan 7 kasus tersebut masih didominasi oleh klaster Malang Utara. ”Penambahan 7 kasus itu, 4 diantaranya dari klaster Singosari dan Lawang. Sedangkan tiga sisanya dari Kecamatan Pakis, Pujon, dan Wagir,” terang Arbani. 

Berdasarkan data terbaru yang dihimpun Dinkes Kabupaten Malang, yakni hingga pukul 16.16 WIB. Dari 135 kasus itu sebanyak 43 pasien diantaranya sudah dinyatakan sembuh. Sedangkan pasien yang meninggal karena terpapar covid-19 tercatat ada 18 orang. 

”Sisanya masih dalam pantauan petugas medis, 36 pasien dirawat di rumah sakit, 24 orang menjalani isolasi mandiri, dan sisanya 14 pasien dirawat di gedung observasi,” pungkasnya.

Topik
covid 19 di kabupaten malang Transisi New Normal Pasien Covid 19 BUPATI MALANG HM Sanusi Berita Malang berita malang hari ini

Berita Lainnya