Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kunjungi Ponpes Lirboyo, Gubernur Khofifah: Ponpes Ini Harus Jadi Ponpes Tangguh

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

06 - Jun - 2020, 20:13

Placeholder
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat berkunjung di Ponpes Lirboyo. (Eko Arif S/ JatimTIMES)

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan kunjungan kerja di Pondok Pesantren Lirboyo Jawa Timur, Sabtu (6/6/20). Kedatangan orang nomer satu di Jawa Timur ini, didampingi Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Mohammad Fadil Rahman serta Pangdam V Braeijaya Majten TNI Widodo Iryansah. 

Begitu tiba di gedung yayasan pondok yang dialih fungsikan menjadi Posko Pondok Tangguh Lirboyo, gubernur, Kapolda dan Pangdam disambut secara langsung oleh sejumlah pengasuh Ponpes Lirboyo diantaranya, KH. Abdulloh Kafabihi Mahrus.(Pengasuh Ponpes Lirboyo) dan KH. Anwar Mansyur Pengasuh Ponpes Lirboyo.

Baca Juga : Heboh Video Peti Jenazah Terguling Jelang Pemakaman, Diduga Covid-19, Keluarga Ngamuk

Beberapa pekerja media yang meliput diizinkan untuk mengambil gambar beberapa menit. Usai mengambil gambar selesai, gubernur dan pengurus pondok kemudian menggelar pertemuan tertutup. 

Sesuai protokol kesehatan, tempat duduk diatur berjarak. Pertemuan tertutup ini berlangsung kurang lebih 45 menit. Selesai pertemuan gubernur menggelar konferensi pers .

Dalam keterangan persnya Khofifah Indar Parawansa menjelaskan jika tujuan kedatangannya ke Ponpes Lirboyo ini salah satunya adalah sowan ke masyayekh.

"Kami bertiga saya, Pak Pangdam, Pak Kapolda sowan Masayekh Lirboyo khususipun Kyai Anwar Mansyur," kata dia.

Disamping itu, ia berharap Ponpes Lirboyo nantinya bisa menjadi ponpes tangguh terutama dalam hal pelaksanaan pencegahan penyebaran Covid- 19. Dengan begitu Ponpes Lirboyo bisa menjadi ponpes sehat. 

"Kami mohon Ponpes Lirboyo ini akan mejadi prototap pesantren tangguh dalam menghadapi Covid- 19," ungkapnya.

Protap kesehatan yang diterapkan dalam pencegahan Covid- 19 di pondok pesantren antara lain santri diwajibkan untuk memakai masker, fasilitas cuci tangan air mengalir atau hand sanitizer, jaga jarak (pystical distancing) serta memiliki tanaman obat di pondok pesantren.  

Baca Juga : Tidak Didanai Pemkab Malang, Begini Sistem yang Diterapkan di Kampung Tangguh

"Kita harapkan tempat tempat cuci tangan bisa diperbanyak, kemudian ada tanaman obat untuk pondok pesantren. Tentu mengkoordinasikan kembali bagaimana format pesantren tangguh ini, bisa menjadi protap pesantren lain yang ada di Jawa Timur mau pun di Indonesia," Kata Khofifah .

Di sela-sela konferensi pers, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga memberikan bantuan berupa peralatan penanggulangan Covid- 19. Diantaranya berupa 5.000 buah masker kain, sprayer elektrik 5 unit, lysol 100 liter, baju hazmat 50 buah, dan hand sanitizer 200 liter. Diberikan pula bantuan berupa kacamata goggle 15 buah, face shield 15 buah, vitamin C sebanyak 1.000 strip, sepatu boot 5 buah, tempat cuci tangan 10 unit, dan sarung tangan latex 200 pasang.

Sepaham dengan gubernur, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Mohammad Fadil Rahman berharap Ponpes Lirboyo bisa menjadi pro model bagi ponpes lainya di Jawa Timur.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

Sri Kurnia Mahiruni