Salah satu jenis ikan, yakni Ikan Arwana yang dijual di Pasar Baru Merauke dengan harga Rp 80 ribu per ekor. (Foto: YouTube Ferie Food Channel)
Salah satu jenis ikan, yakni Ikan Arwana yang dijual di Pasar Baru Merauke dengan harga Rp 80 ribu per ekor. (Foto: YouTube Ferie Food Channel)

Jika pergi ke Papua dan mampir ke daerah paling ujung selatan provinsi tersebut, yakni Merauke, Anda perlu mengunjungi sebuah pasar bernama Pasar Baru Merauke. Lokasinya berdekatan dengan Monumen Kapsul Waktu di Kota Merauke. 

Di Pasar Baru Merauke itu, tersaji berbagai jenis ikan besar maupun kecil maupun daging, seperti yang disajikan akun YouTube Ferie Food Channel. Lewat video itu, kita dapat menyaksikan para pedagang yang sedang menjajakan dagangannya di kios-kios meja kayu sederhana. Kios-kios itu tertutup  terpal, lembaran seng, atau bahkan tidak ada atapnya. Tampak terlihat pembeli yang keluar masuk ke pasar tersebut sedang bertransaksi dengan penjual. 

Itu semua dapat disaksikan dalam video yang berjudul "Pasar Merauke Ikan Arwana 80ribu & Daging Kangguru 50ribu" yang di-upload di akun YouTube Ferie Food Channel pada 29 Maret 2020.

Dapat dilihat masyarakat di sana yang antusias datang ke pasar tersebut untuk membeli ikan, daging, atau kebutuhan makanan yang lainnya. Seseorang yang berada di channel YouTube itu menjelaskan berbagai macan ikan yang melimpah dan beberapa daging hewan lainnya.

"Ikan di Merauke ini sangat melimpah ya, ikannya gede-gede, baik itu ikan tawar maupun laut. Ada ikan lidah, ikan gabus, ikan mujair, ikan layar, ikan bandeng, ikan kakap, ikan arwana, ikan mas dan udang. Semuanya gede-gede banget," ujar pria dalam video tersebut. 

Melalui video tersebut, kita dapat mendengarkan harga-harga berbagai jenis ikan dari para pedagang yang menjajakan dagangannya. Misalnya ikan arwana yang biasanya digunakan sebagai ikan hias rumahan yang diletakkan di akuarium. Tetapi di Pasar Baru Merauke, ikan arwana diperjualbelikan. 

"Ini dia, ada ikan arwana men, gede. 80 ribu itu satu ekor. Bayangin men arwana dijual di pasar ikan, 80 ribu men. Kalau di sana, di akuarium," ucap pria dengan nada kaget dalam video tersebut.

Terdengar juga para pedagang menjajakan ikan layar dengan harga Rp 25 ribu per kilogram. Ada juga ikan mujair dan ikan bandeng dengan ukuran jumbo yang bisa sangat melegakan jika dikonsumsi. 

"Di Merauke ini ikannya sangat melimpah ya, baik itu ikan air tawar maupun ikan lautnya," ucap pria dalam video tersebut. 

Selain ikan yang dijual, terdapat beberapa jenis daging yang juga diperjualbelikan di Pasar Baru Merauke tersebut. Yakni daging kambing, daging rusa, daging kangguru serta daging babi. Ada juga biawak yang masih utuh tetapi sudah mati. Ada juga yang masih hidup. 

Pedagang juga menjelaskan bahwa sepotong daging kangguru dengan ukuran yang cukup besar dibanderol harga Rp 50 ribu per potong. Terdapat juga kepala kangguru yang juga dijual, tetapi disensor oleh pemilik akun YouTube.

Selain ikan dan daging, di pasar ini juga terdapat kios yang menjual bahan-bahan bumbu dapur seperti tomat, cabai, garam, paprika, lengkuas, jahe, laos, sereh, bawang putih, dan brambang.