Bupati Jember dr. Faida MMR saat melihat dan memesan secara langsung APD kepada penjahit lokal di Jember (foto : istimewa / Jatim TIMES)
Bupati Jember dr. Faida MMR saat melihat dan memesan secara langsung APD kepada penjahit lokal di Jember (foto : istimewa / Jatim TIMES)

Merebaknya Covid-19, telah membuat masker, handsanitizer, alkohol dan beberapa kebutuhan kebersihan ‘lenyap’ di pasaran, namun hal ini tidak akan berlangsung lama di Kabupaten Jember, sebab Bupati Jember dr. Faida MMR menyiapkan 2 juta masker untuk warganya.

“Kami sudah siapkan 2 juta masker yang akan diberikan secara gratis, masker-masker ini akan diberikan kepada buruh pabrik, anak-anak sekolah ketika nanti akan masuk sekolah, dan masyarakat yang membutuhkan,” ujar Bupati Jember dr. Faida MMR Sabtu (4/4/2020).

Bupati menjelaskan, saat ini masker yang akan diberikan secara gratis tersebut, sedang dikerjakan oleh sejumlah penjahit lokal di Jember. Selain untuk pemberdayaan ketika ada anjuran Work From Home (WFH), juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jember.

Tidak hanya masker yang dipesan Bupati kepada para penjahit lokal yang ada di Jember, saat ini pihaknya juga memesan alat pelindung diri (APD) yang sulit dicari ketika pandemi Covid -19. “Kami ambil langkah strategis dengan memproduksi APD dan masker sendiri (masyarakat jember), dan APD ini nanti akan kita siapkan untuk tenaga medis,” bebernya.

Sugiono, salah satu penjahit APD dan masker yang tinggal di Gebang Jember mengatakan, bahwa pihaknya dalam sehari bisa memproduksi APD sekitar 500 sampai 600, dan APD buatannya ini juga banyak dipesan oleh pemerintah luar Jember.

“Pemesanannya ada yang dari wilayah Jakarta, Tarakan, dan Surabaya, bahkan terakhir kemarin dari Cimahi juga pesan APD ke kami,” ujar Sugiono.

Kini ketika kota tempat dirinya tinggal sedang membutuhkan APD, pihaknya merasa lebih bersemangat dan merasa senang. “Saya senang ketika dihubungi pemkab untuk membuatkan APD, sehingga saya bisa berbuat yang terbaik untuk kota Jember,” pungkas Sugiono. (*)