Tim FarmDev.Co usai menerima medali. (Foto: istimewa)
Tim FarmDev.Co usai menerima medali. (Foto: istimewa)

Kini ada aplikasi jual beli dan investasi peternakan bernama FarmDev.Co. Aplikasi ini merupakan buatan lima mahasiswa lintas fakultas di Universitas Brawijaya (UB).

Lima mahasiswa tersebut terdiri atas Farhan Arya Indrajaya (FPIK/2018), Shafira Noor Adlina (FH/2016), Amadda Ilmi (FH/2016), Juan Maulana Alfedo (FH/2017), dan Yunita Desmawati (FH/2017).

Ide pembuatan inovasi FarmDev.Co berangkat dari keprihatinan atas sulitnya peternak menjual hasil ternak ke kota. "Dengan menggunakan aplikasi ini, para peternak mudah terhubung dengan pembeli,"  kata Shafira.

Farhan menjelaskan, tim mereka melakukan survei langsung ke Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil survey tersebut, kelompok ini membuat aplikasi FarmDev.Co yang disesuaikan dengan kebutuhan peternak.

"FarmDev.Co merupakan solusi inovatif pemberdayaan dan pengembangan peternakan berbasis digital, yang hadir untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di bidang peternakan, dengan misi utamanya yaitu menyejahterakan kehidupan para peternak lokal," beber dia.

Melalui aplikasi FarmDev.Co, peternak maupun pembeli bisa melakukan transaksi jual beli ternak secara online.

Aplikasi ini juga menawarkan pengembalian hewan dan asuransi jika hewan yang dibeli ternyata cacat atau sakit, satu bulan setelah pembelian.

Selain itu, aplikasi ini memudahkan masyarakat yang ingin memiliki ternak namun terkendala lahan, dengan cara investasi kepada peternak.

Dengan sistem hasil dibagi dua, pembeli bisa memilih hewan yang ingin diternak. Kemudian peternak bertugas merawat hewan ternak pembeli tersebut. Dan pembeli bisa menerima hasil akhir hewan ternak tersebut.

Tak hanya itu, FarmDev.Co juga melayani jual beli pupuk organik yang dilayani langsung oleh peternak ataupun distributor pupuk.

FarmDev.Co juga memberikan edukasi kepada peternak bagaimana cara merawat hewan yang baik dan memfasilitasi konsultasi dengan dokter hewan seputar kesehatan hewan ternak mereka.

Melalui karya tersebut, tim ini berharap dapat melakukan pengembangan dan mengkomersilkan FarmDev.Co, sehingga memudahkan transaksi antara peternak dan pembeli.

FarmDev.Co berhasil menyabet penghargaan Silver Medal Thailand Inventor's Day 2020 dalam ajang International Intellectual Property, Invention, Innovation, and Technology Exposition.

2020 Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition (IPITEx 2020) adalah kompetensi internasional bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan penemuan antarbangsa dan menciptakan kolaborasi antara penemuan Thailand dan penemuan Internasional.

Acara ini diselenggarakan selama 5 hari (02/02-06/02 2020) di Bangkok International Trade & Exhibition Centre (BITEC), Bangkok, Thailand.