Polres Blitar Kota nobar final Piala Gubernur Jatim bersama suporter sepak bola.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Polres Blitar Kota nobar final Piala Gubernur Jatim bersama suporter sepak bola.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Kepolisian Resort (Polres) Blitar Kota menggelar nonton bareng final Piala Gubernur Jawa Timur antara Pesebaya Surabaya VS Persija Jakarta.

Acara nonton bateng di Aula serba guna Mapolres setempat itu digelar sekitar pukul 15.00 WIB, Kamis (20/2/2020).

Acara nobar ini dihadiri Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela, Wakapolres Kompol Nur Halim, PJU Polres Blitar Kota, Kapolsek Jajaran Polres Blitar Kota, personel Polres Blitar Kota, supporter Persebaya Surabaya dan suporter Persija di wilayah Blitar Raya serta suporter PSBI Blitar.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela, mengatakan dengan digelarnya acara nobar final Piala Gubernur Jatim 2020, pihaknya berharap para suporter tidak perlu datang ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Selain itu, digelarnya nonton bareng gratis ini, untuk mengansitipasi dan mencegah adanya kerusuhan antarsuporter. 

Sebagaimana diketahui, Kota Blitar menjadi daerah paling panas selama digelarnya kompetisi Piala Gubernur Jatim 2020. 

Pertandingan semifinal antara Pesebaya VS Arema Malang yang digelar di Stadion Soeprijadi Kota Blitar berlangsung ricuh. 

Meski digelar tanpa penonton, amuk massa diantara dua supporter kesebelasan tak terelakan. Imbasnya, 13 sepeda motor rusak dan 4 orang mengalami luka-luka. Serta area persawahan di Kelurahan Bendo porak-poranda akibat ulah oknum supporter.

“Nobar ini kita merajut kembali kebersamaan di Kota Blitar pasca pertandingan semifinal kemarin. Kebersamaan ini harus kita rajut agar kedepan sepakbola kita bisa semakin baik, tidak ada lagi peristiwa seperti partai semifinal kemarin,” ungkap Leonard Sinambela.

Kapolres merasa bangga, selama nobar ini masing-masing supporter kesebelasan dapat menjaga sportifitas dan persaudaraan.

“Pendukung tidak perlu datang ke Sidoarjo. Nobar ini merupakan sarana untuk memberikan wadah bagi masing-masing pendukung untuk menyampaikan aspirasi dan dukungan kepada tim kesayangan mereka. Kita nobar sama-sama dan pertandingan final di Sidoarjo bisa berjalan dengan aman dan kondusif,” pungkasnya.

Dalam final Piala Gubernur Jatim yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Persebaya Surabaya menang 4-1 atas Persija Jakarta.

Persebaya Surabaya yang unggul jumlah pemain sejak pertengahan babak pertama sukses membungkam Macan Kemayoran dengan skor telak 4-1.

Empat gol dari Persebaya disumbangkan oleh Oktafianus Fernando (3'), Makan Konate (52'), Ricky Kambuaya (55'), dan Mahmoud Eid (80').

Sedangkan Persija hanya mampu membalas satu gol lewat sundulan Marko Simic (43').(*)