Kabid Humas Polda Jatim Kombespol Frans Barung Mangera saat membuka acara di Mapolresta Kediri. (eko Arif s /JatimTimes)
Kabid Humas Polda Jatim Kombespol Frans Barung Mangera saat membuka acara di Mapolresta Kediri. (eko Arif s /JatimTimes)

Perkembangan teknologi dan informasi mendorong Humas  Polda Jatim  mengadakan roadshow dalam rangka penguatan opini positif dan penguatan intelegensia media di Polresta Kediri, Rabu (6/11/19).

Kegiatan ini diikuti oleh subag humas dan operator di jajaran eks Rayon 4 (Polresta Kediri, Polres Kediri, Polres Tulungagung, Polres Blitar, Polres Blitar Kota, Polres Nganjuk, dan Polres Trenggalek.

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes pol Frans Barung Mangera memberi bekal terkait kepada subbag humas jajaran eks Rayon 4 Kediri   untuk meningkatkan kemampuan anggota humas jajaran humas Jawa Timur, khususnya yang diberi tanggung jawab dalam pembentukan opini dan intelligence media management.

Sejauh ini, globalisasi serta perkembangan telekomunikasi dan informatika (TI) sudah begitu pesat. Teknologi membuat jarak tak lagi jadi masalah dalam pembicaraan. Internet tentu saja menjadi salah satu medianya.

Sangat disayangkan, kata Barung, perkembangan dan kemajuan teknologi internet ini hanya digunakan untuk pembaruan status atau juga saling menimpali komentar atau foto yang diunggah beralur negatif. Seharusnya, kemajuan teknologi internet dapat lebih digali dan dimanfaatkan lebih dalam lagi. “Jadi, gunakan media sosial secara bijak,” ujar dia.

"Itulah tugas para anggota humas Polri dan netizen untuk berperan aktif dalam rangka pembentukan opini positif guna meng-counter semua informasi yang tidak benar di dunia maya," imbuhnya.

Ke depan peran anggota humas Polri menjadi leading sector di dalam memerangi berita hoax, SARA,dan berita berita bohong lainnya di dunia maya. "Sinergitas antara warganet dan Polri terus ditingkatkan agar terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat, seperti slogan Polda Jawa Timur, yaitu Jogo Jawa Timur," pungkas Barung.