Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (dua dari kanan) saat menerima secara simbolis penyerahan PJU TS oleh Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (dua dari kanan) saat menerima secara simbolis penyerahan PJU TS oleh Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)



150 titik di Kota Malang kini sudah mendapat penerangan dengan tenaga surya. Pemanfaatan tenaga terbarukan tersebut diperoleh Kota Malang dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (Kementerian ESDM RI).

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko menyampaikan, sebanyak 150 titik itu sudah disebar di lima kecamatan Kota Malang. Setidaknya ada 72 titik yang terpasang di Kelurahan Lesanpuro. Sementara lainnya tersebar di kecamatan yang ada.

"Saat menerima bantuan 150 titik, kami sempat merasa bingung. Karena total kami memiliki 57 kelurahan. Tapi saat ini sudah ada beberapa titik yang terpasang dan kami sangat berterima kasih," katanya saat Peresmian Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Kota Malang yang berlangsung di Kantor Balai RW X Kelurahan Lesanpuro, Kota Malang, Rabu (16/10/2019).

Dia pun berharap, program tersebut nantinya dapat kembali mencakup Kota Malang. Karena program tersebut merupakan program yang sangat baik dalam memanfaatkan energi terbarukan. Selain itu, penggunaan tenaga surya ini juga lebih efisien dalam menghemat biaya listrik.

"Kami berharap nanti Kota Malang akan mendapat program ini kembali," jelasnya.

Melalui program tersebut, pria yang akrab disapa Bung Edi itu menyebut jika penerangan di Kota Malang akan semakin membaik. Terutama pada titik-titik vital yang kini banyak dilalui masyarakat dan pengendara.

"Terlebih saat ini Kota Malang juga memiliki pintu masuk dan keluar Tol Malang-Pandaan (Mapan), dan pastinya akan semakin banyak kendaraan yang keluar dan masuk," imbuhnya.

Dengan penerangan yang semakin diperbarui itu, dia berharap masyarakat akan semakin nyaman dalam beraktivitas, meski saat malam hari. Dia juga optimis jika penerangan jalan akan mampu mengurangi tindakan kriminal.

"Sekali lagi terima kasih kepada Kementerian ESDM. Karena biaya yang dikeluarkan untuk operasional listrik juga semakin ditekan," tutupnya.

Peresmian Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Kota Malang tersebut dihadiri langsung Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar beserta istri dan jajarannya. Hadir pula anggota DPR RI Komisi 7 Ridwan Hisjam.


End of content

No more pages to load