Bupati Blitar Rijanto hadir dan mengikuti Sholat Istiqo' di Desa Panggungrejo.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES)

Bupati Blitar Rijanto hadir dan mengikuti Sholat Istiqo' di Desa Panggungrejo.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES)



Musim kemarau yang berkepanjangan membuat warga Panggungrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar menggelar Sholat Istisqa', Senin (7/10/2019). Shalat istisqa' diikuti oleh ribuan orang mulai dari remaja hingga orang tua.

Nampak hadir Bupati Blitar Rijanto, Jajaran OPD dan unsur Forkopimda bersama ribuan warga dari berbagai unsur termasuk warga dari berbagai wilayah di Blitar mengikuti Shalat Istisqa' di Lapangan Panggungrejo.

Shalat Istisqa dimulai pukul 09.00 WIB dan bertindak sebagai imam KH. Azizi. Sebelum shalat dilaksanakan seluruh jamaah mengumandangkan istighfar dan istighosah bersama-sama. Shalat istisqa diinisiasi oleh Pemkab bersama PCNU Kabupaten Blitar.

Dalam sambutannya Bupati Blitar Rijanto mengatakan, kemarau panjang ini membuat masyarakat Blitar selatan kesulitan air bersih. Sehingga tujuan sholat Istisqa’ tersebut bentuk permohonan kepada Tuhan agar segera diberikan hujan.

“Saya bersama ormas dan warga masyarakat melakukan sholat Istisqa’ yang tentunya ini adalah permohonan kita semua kepada Allah SWT, dimana musim kemarau yang keberadaannya sangat luar biasa ini Allah segera memberikan hujan  kepada kita semua,” ungkap Bupati Blitar.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Blitar juga menyampaikan terima kasih kepada beberapa ormas seperti NU dan Muhammadiyah yang telah menyalurkan air bersih dengan disusul organisasi-organisasi yang lain seperti PKK, Dharma Wanita, GOW, KORPRI, IPHI, IDI, Pramuka,Tagana, PMI dan pengurus Takmir masjid Miftahul Jannah Wlingi.

“Meskipun yang dibantukan jauh dari cukup, namun inilah bentuk kepedulian dari semuanya. Oleh karena itu saya atas nama pemerintah dan masyarakat menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan air bersih kepada kita yang di Blitar Selatan, semoga apa yang dilakukan mereka mendapatkan imbalan dari Allah SWT,” ucap Bupati.

Bupati menambahkan jika bantuan tersebut akan berlanjut hingga turun hujan. Sesuai data BPBD Kabupaten Blitar, bantuan air bersih untuk daerah terdampak kekeringan di Kabupaten Blitar tahun 2019 terus dilakukan ke beberapa titik diantaranya Kecamatan Panggungrejo, Wonotirto, Wates, Binangun dan Nglegok. Bantuan tersebut berkelanjutan, untuk bulan Oktober ini BPBD Kab. Blitar telah memberikan bantuan air bersih ke lima kecamatan tersebut masing-masing 1 kali dan berlanjut hari-hari berikutnya.

"Disini pemerintah terus menerus melakukan proyek pengadaan air bersih, baik itu lewat WSLIC maupun lewat Pamsimas dan PDAM terus kita upayakan. Ini tidak akan berhenti, manakala ada sumber air pasti akan kita tangani. Yang penting ada titik air maka akan kita optimalkan penyalurannya. Dari bencana kekeringan ini kita memang harus mawas diri, terutama masyarakat sendiri tentunya harus ikut melestarikan lingkungan untuk diri kita sendiri dan anak cucu kita nanti. Manakala penghijauan terus digalakkan, itu akan menyelamatkan kita semua," tukas Bupati.(*)


End of content

No more pages to load