Kaleng-kaleng mengandung gas mudah terbakar (ist)

Kaleng-kaleng mengandung gas mudah terbakar (ist)



Kejadian kebakaran, bisa saja terjadi karena berbagai faktor. Faktor tersebut seperti korsleting listrik, lupa mematikan kompor atau lilin, bermain korek api dalam rumah maupun membuang puntung rokok sembarangan.

Selain itu, perlu diketahui, jika selain faktor-faktor tersebut, masih ada pemicu kebakaran lain yang nyatanya ada dalam kehidupam sehari-hari masyarakat. Namun terkadang banyak masyarakat yang belum menyadari, jika benda-benda tersebut bisa menjadi sumber api jika salah dalam memperlakukannya.

Benda tersebut yakni, kaleng semprot parfum, kaleng pembasmi serangga, kaleng semprot pengharum ruangan,  kaleng semprot cat. Pasalnya, pada kemasan semprotan ini, selalu punya propellant yang ditekan, dan di dalamnya pasti ada bahan-bahan kimia berbahaya yang membuat kita tak bisa membuangnya sembarangan.

Bahkan, jika tetap nekat membuangnya sembarangan, dengan meletakkannya di suhu luar ruangan yang panas, maka bisa saja apes akan menimpa. Sebab, kaleng-kaleng tersebut sangat rentan terbakar dan meledak terkena benturan atau suhu panas.

Selain benda-benda seperti kaleng parfum, pengharum ruangan, kaleng cat semprot, mapun kaleng pembasmi serangga, benda lainnya yang tak boleh dibuang sembarangan adalah baterai maupun sisa-sisa cat dalam kaleng. Baterai maupun sisa cat dalam kaleng bisa juga menjadi sumber api. Jika kedua benda tersebut terbakar, baterai bisa meledak, sementara sisa cat dalam kaleng bisa membuat api semakin besar karena berbahan dari minyak.

"Jangan membuang benda-benda yang mengandung gas sembarangan, apalagi membakarnya, sangat berbahaya, bisa memicu api lebih besar yang bisa merembet ke sekitar," jelas Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang, Antonio Viera (7/9/2019).

Di Kota Malang, kejadian kebakaran karena meledaknya kaleng cat semprot, pernah terjadi di sebuah rumah di Jalan Gadang XI, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang (19/8/2019).

Saat itu, pemilik rumah mendengar suara mencurigakan seperti ledakan di belakang rumah.  Dari situ, pemilik yang merasa janggal kemudian menuju ruang belakang. Di situ ia melihat sebuah kaleng cat semprot seperti baru saja meledak dan terjatuh di belakang rumah.

Ia juga begitu terkejut ketika melihat api berkobar  membakar bagian kamar atas. Namun beruntung, api tak bertambah besar setelah kesigapan dari Damkar Kota Malang.

"Sekali lagi kami mengimbau kepada seluruh warga masyarakat Kota Malang dan sekitarnya, agar  berpartisipasi dalam mencegah terjadinya kebakaran. Tidak membakar sampah maupun lahan-lahan secara sembarangan. Termasuk kebiasaan membuang bahan-bahan mudah terbakar," pungkasnya.


End of content

No more pages to load