Pemadam kebakaran saat melakukan pemadaman di lahan tebu desa Bendilwungu / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Pemadam kebakaran saat melakukan pemadaman di lahan tebu desa Bendilwungu / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

Tak dapat disangka yang dilakukan Fery, warga RT 01 RW 06 desa Bendilwungu Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung ini. Saat dirinya bermaksud membakar sampah daun tebu kering (daduk), api yang menyala terus merembet dan menjalar ke daun tebu kering di lahan miliknya dan mengakibatkan kebakaran. 

"Kami dapat laporan dari PSC ( Public Safety Centre) jika di Bendilwungu ada kebakaran lahan tebu, tiga unit damkar langsung kami kerahkan," kata Kabid Damkar Satpol PP Tulungagung, Rakidi, Sabtu (31/08) malam.

Kebakaran sendiri menurut Rakidi terjadi jam 18.30 wib dan pemilik lahan yang bernama Fery langsung menghubungi PSC untuk mendapatkan bantuan pertolongan pemadaman. "Skala kebakaran masih kecil dan berhasil kita padamkan segera karena tempatnya juga di sawah yang terbuka," ungkapnya.

Tidak butuh waktu lama, hanya sekitar 30 menit api dapat diatasi dan dijinakkan dengan tuntas. 

Dari Pantauan Tulungagungtimes.com, sempat terjadi kendala tiga unit damkar karena adanya kegiatan desa yang menutup jalan. Akibatnya, tiga unit damkar harus berputar sebelum akhirnya sampai ke lokasi kebakaran.

Sementara itu, puluhan warga yang mendengar sirine turut memadati area kebakaran untuk menyaksikan pemadaman yang dilakukan oleh tim pemadam kebakaran.