Petugas Disperkim yang menyingkirkan dahan pohon (Disperkim)

Petugas Disperkim yang menyingkirkan dahan pohon (Disperkim)



Bidang Pertamanan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Malang rutin menjaga kawasan taman maupun melakukan perempesan pohon-pohon yang dianggap berbahaya.

Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan, Ir Kuncahyani menjelaskan, kegiatan tersebut (perempesan pohon) memang rutin dilakukan oleh personel Bidang Pertamanan. Tindakan itu dari pemantauan personel yang melakukan survey dilapangan serta hasil dari laporan masyarakat.

Lanjutnya, masyarakat bisa melaporkan ke Disperkim terhadap pohon yang menganggu sehingga perlu dilakukan perempesan di sekitarnya. Dari laporan tersebut, segera dilakukan survey, apakah layak atau tidak pohon tersebut dilakukan perempesan.

"Kalau setelah disurvey, ternyata benar ada pohon yang membahayakan atau menganggu, tentunya akan dilakukan tindakan perempesan ataupun pemotongan," bebernya.

Selain itu, melihat situasi saat ini yang masuk musim kemarau, namun sempat terjadi curah hujan yang cukup tinggi, pihaknya juga mengimbau, agar masyarakat untuk selalu berhati-hati. Khususnya saat berteduh ketika hujan turun.

Berteduh di bawah pohon besar harus dihindari. Sebab, lokasi tersebut sangat rawan terjadi pohon tumbang. Sehingga dengan menghindari hal tersebut, tidak ada korban pohon tumbang. "Kalau hujan terutama disertai angin  lebih hati-hati. Kalau berteduh, hindari pohon-pohon besar. Cari tempat lain yang lebih aman, misalnya emperan toko, warung atau tempat lain," pungkasnya. 


End of content

No more pages to load