Ilustrasi.(Foto : Republika)
Ilustrasi.(Foto : Republika)

Calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Blitar yang mendapat jatah berangkat ke tanah suci tahun ini harus segera mempersiapkan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahap III. Pasalnya, jadwal pelunasan BPIH tahap III hanya diberi waktu satu minggu, mulai 22-29 Mei.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar, Syaikul Munib mengatakan, pelunasan BPIH tahap III dilakukan karena Kabupaten Blitar mendapat jatah tambahan kuota. 

“Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi memberikan tambahan kuota bagi Indonesia sebanyak 10 ribu CJH. Dari tambahan kuota tersebut, Kabupaten Blitar dapat bagian,” ungkapnya.

Menurut dia, Kabupaten Blitar hanya mendapat jatah tambahan kuota sebanyak sembilan CJH. Sembilan CJH tersebut diprioritaskan untuk CJH lanjut usia, CJH pendamping, dan CJH cadangan.

Untuk itu, pihaknya berharap agar CJH yang dapat tambahan kuota tersebut untuk segera melunasi BPIH tahap III. Sebab, waktu yang diberikan dalam pelunasan tahap III hanya satu minggu. “Jika tidak melunasi BPIH, maka yang bersangkutan kemungkinan besar tidak bisa berangkat haji tahun ini,” jelasnya.

Setelah selesai pelunasan BPIH tahap III, selanjutnya CJH akan melakukan rekam medik serta manasik haji. Bagi seluruh CJH asal Kabupaten Blitar, yang mendapat jatah berangkat ke Makkah tahun ini hendaknya mempersiapkan segala sesuatu sejak dini. Mengingat jadwal keberangkatan sudah dekat. 

“Sebagian besar tahapan haji menjelang keberangkatan sudah selesai, mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga pelunasan BPIH,” katanya.(*)