Ronal Surya Aditya, S.Kep, Ns, M.Kep Dosen STIKes Kepanjen Malang
Ronal Surya Aditya, S.Kep, Ns, M.Kep Dosen STIKes Kepanjen Malang

Covid-19 beberapa bulan ini sangat menyita perhatian semua kalangan. Bukan hanya satu negara yang terkena dampaknya, tetapi seluruh dunia. Lembaga dunia WHO membuat panduan untuk menghadapi virus ini. Indonesia yang diwakili Kemenkes pun telah mengeluarkan beberapa panduan. Kepanikan orang yang sakit dan yang sehat membuat semua orang berlomba-lomba mencari informasi dan jalan keluar.  

Informasi sebagian besar adalah bagaimana mencegah penyakit covid-19. Bahkan ada informasi tentang bagaimana penanganan pada psien covid saat di rumah. Tetapi belum ada informasi bagaimana saat anggota keluarga sakit/memiiki gejala covid. Dari pertanyaan yang menjadi kegelisahan para pembaca. Penulis ingin merangkum hal apa saja yang dilakukan saat ada anggota keluarga kita yang sakit atau mempunyai gejala covid-19, tetapi dalam pengawasan.  

ini lah tips untuk keluarga  

1. CARA MEMBERSIHKAN DAN MENDISINFEKSI 

a. Cara membersihkan 

Bersihkan permukaan menggunakan sabun dan air. Lakukan pembersihan rutin dengan pengepelan dan di oleskan (lap) terhadap permukaan yang sering disentuh. Jangan pernah disemprotkan, karena takut terhirup dan masuk dalam saluran pernafasan. Permukaan yang sering disentuh meliputi: 
Meja, gagang pintu, sakelar lampu, countertops, gagang, meja, telepon, keyboard, toilet, keran, wastafel, dll. 

b. Desinfektan 

• Bersihkan area atau barang dengan sabun dan air atau deterjen lain jika kotor. Kemudian, gunakan desinfektan yang ada di rumah. 
• Gunakan disinfektan rumah tangga yang di rekomendasikan Kemenkes. 
• Ikuti instruksi pada label untuk memastikan penggunaan produk yang aman dan efektif. 
• Banyak produk merekomendasikan: 
o Menjaga permukaan tetap basah untuk jangka waktu tertentu (lihat label produk) 
o Tindakan pencegahan seperti mengenakan sarung tangan dan memastikan Anda memiliki ventilasi yang baik selama penggunaan produk. 
o Larutan pemutih rumah tangga yang diencerkan juga dapat digunakan jika sesuai untuk permukaan. 
o Periksa label untuk melihat apakah pemutih Anda dirancang untuk disinfektan, dan pastikan produk tidak melewati tanggal kedaluwarsanya. Beberapa pemutih, seperti yang dirancang untuk penggunaan yang aman pada pakaian berwarna atau untuk memutihkan mungkin tidak cocok untuk disinfeksi. 
o Pemutih rumah tangga yang tidak kadaluwarsa akan efektif melawan virus corona bila diencerkan dengan benar. 
o Ikuti instruksi pabrik untuk pemakaian dan ventilasi yang tepat. Jangan sekali-kali mencampur pemutih rumah tangga dengan amonia atau pembersih lainnya. 
• Biarkan larutan di permukaan selama minimal 1 menit. 
• Untuk membuat larutan pemutih, campur: 
o 5 sendok makan (1/3 gelas) pemutih per galon air ATAU 4 sendok teh pemutih per liter air 
o Larutan alkohol dengan setidaknya 70% alkohol juga dapat digunakan. 

c. Cara membersihkan benda yang permukaannya lembut 

Untuk permukaan lunak seperti lantai berkarpet, permadani, dan tirai. Sebagian besar orang malas untuk membersihkan karpet, permadani dan tirai, karena mereka harus mencuci dan mengeringkan lama, serta berat. Tetapi benda-benda ini bisa menjadi media penularan jika tidak dibersihkan. 
 Bersihkan permukaan menggunakan sabun dan air atau dengan pembersih yang sesuai untuk digunakan pada permukaan ini. 
 Mencuci barang (jika mungkin) sesuai dengan instruksi pabrik. Gunakan pengaturan air yang paling hangat dan keringkan sepenuhnya. 
 Mendisinfeksi dengan disinfektan rumah tangga terdaftar BPOM. Ikon desinfektan eksternal ini memenuhi kriteria BPOM untuk digunakan melawan COVID-19. 

d. Elektronik 

Benda satu ini yang sering dilupakan karena di jaman yang modern seperti ini elektronik merupakan alat yang penting bagi umat manusia. Benda ini selalu digunakan dan terkadang  lupa untuk dibersihkan. Untuk elektronik, seperti tablet, layar sentuh, keyboard, dan kontrol jarak jauh. 
• Pertimbangkan untuk memasang penutup elektronik yang bisa dilap 
• Ikuti instruksi pabrik untuk pembersihan dan disinfektan 
• Jika tidak ada panduan, gunakan tisu atau semprotan berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 70% alkohol. Keringkan permukaan dengan saksama. 

e. Cucian 

Cucian ini sering diremehkan oleh anda. Baju yang digunakan setelah keluar rumah dan setelah melakukan perawatan orang sakit, wajib langsugn di cuci. Hal yang perlu anda ingat adalah jangan pernah semabarangan memegang baju tersebut, karena baju yang kita gunakan tersebut bisa terkontaminasi virus covid-19. Contohnya adalah pakaian, handuk, linen, dan barang-barang lainnya 
• Mencuci barang sesuai dengan bahan dasar kain. Gunakan pengaturan air yang paling hangat dan keringkan sepenuhnya. 
• Kenakan sarung tangan sekali pakai saat menangani cucian kotor dari orang yang sakit. 
• Cucian kotor dari orang yang sakit dapat dicuci dengan barang orang lain. 
• Jangan terpercik air dari cucian kotor. 
• Lepaskan sarung tangan, dan segera cuci tangan. 

2. SERING-SERINGLAH CUCI TANGAN 

• Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. 
• Selalu cuci setelah melepas sarung tangan dan setelah kontak dengan orang yang sakit. 
• Jika sabun dan air tidak tersedia dan tangan tidak tampak kotor, gunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol. Namun, jika tangan tampak kotor, selalu cuci tangan dengan sabun dan air. 
• Waktu kunci tambahan untuk membersihkan tangan meliputi: 
o Setelah menutup hidung, batuk, atau bersin 
o Setelah menggunakan kamar kecil 
o Sebelum makan atau menyiapkan makanan 
o Setelah kontak dengan hewan atau hewan peliharaan 
o Sebelum dan sesudah memberikan perawatan rutin untuk orang lain yang membutuhkan bantuan (mis. seorang anak) 
• Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci. 

3. KAMAR TIDUR DAN KAMAR MANDI 

Usahakan kamar tidur dan kamar mandi terpisah untuk orang yang sakit (jika mungkin) 
• Orang yang sakit harus tetap terpisah dari orang lain di rumah. 
• Jika Anda memiliki kamar tidur dan kamar mandi terpisah: Hanya bersihkan area di sekitar orang yang sakit saat dibutuhkan, seperti ketika area tersebut kotor. Ini akan membantu membatasi kontak Anda dengan orang yang sakit. 
• Pembantu/anggota keluarga yang merawat lansia dapat menyediakan perlengkapan kebersihan pribadi untuk orang yang sakit (jika perlu). Persediaan termasuk tisu, handuk kertas, pembersih, dan ikon eksternal desinfektan yang terdaftar BPOM. Jika mereka merasa sanggup melakukannya, orang yang sakit dapat membersihkan ruang mereka sendiri. 
• Jika berbagi kamar mandi: Orang yang sakit harus membersihkan dan mendisinfeksi setelah setiap kali digunakan. Jika ini tidak memungkinkan, pembantu/anggota harus menunggu selama mungkin sebelum membersihkan dan mendesinfeksi.  
4. MAKANAN 

• Tetap terpisah: Orang yang sakit harus makan (atau diberi makan) di kamar mereka jika memungkinkan. 
• Cuci piring dan peralatan menggunakan sarung tangan dan air panas: Tangani piring, gelas / gelas bekas, atau perak dengan sarung tangan. Cuci dengan sabun dan air panas atau dengan mesin pencuci piring. 
• Bersihkan tangan setelah melepas sarung tangan atau menangani barang bekas. 

5. SAMPAH 

Tempat sampah khusus dan berjejer: Jika mungkin, persembahkan tong sampah khusus untuk orang yang sakit. Gunakan sarung tangan saat mengeluarkan kantong sampah, dan menangani serta membuang sampah. Cuci tangan sesudahnya.