Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Viral, Netizen Ini Keluhkan Terima Tagihan Kartu Kredit Padahal Tidak Transaksi 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : A Yahya

08 - Jun - 2024, 18:21

Placeholder
Beberapa bukti yang dilampirkan Hasyim Muhamad soal tagihan kartu kredit padahal tidak bertransaksi. (Foto: X)

JATIMTIMES - Pegiat media sosial X Hasyim Muhammad mengalami hal yang tidak mengenakkan pada Sabtu (8/6). Hasyim yang menjadi nasabah Bank Mandiri ini mengaku menerima tagihan, padahal tidak transaksi kartu kredit. Keluhan itu pun viral hingga menuai beragam respons dari warganet. 

Mulanya Hasyim mengaku pagi ini dapat konfirmasi kartu kredit yang dipakai belanja online. Padahal pria asal Mojokerto iti merasa tidak pernah belanja online melalui kartu kredit. "Pagi-pagi dapat konfirmasi kartu kredit (KK) @bankmandiri saya dipake belanja online. Karena bukan saya yang melakukan, saya telp @mandiricare di 14000," tulisnya. 

Baca Juga : Kecewa Harga Anjlok, Petani Ini Buang Terong ke Sungai

Bukannya mendapatkan jawaban memuaskan, Hasyim mengungkapkan kekecewaannya terhadap prosedur yang diterapkan oleh Bank Mandiri dalam menangani kasusnya. "Dan sekadar menyanggah transaksi seperti ini ternyata di Bank Mandiri dipersulit dengan membuat Surat Pernyataan segala. Mereka yang salah karena sistemnya nggak aman, tapi nasabah yang direpotkan," kata Hasyim. 

Menurut Hasyim ada beberapa hal yang membuat prosedur pelaporan kasusnya ini dinilai dipersulit oleh pihak bank. Mulai dari telpon menggunakan GSM hingga soal sistem keamananya. Berikut ini rincian keluhan Hasyim mengenai kasusnya.  

1. Menggunakan Pulsa GSM

Hasyim menyoroti bahwa untuk menghubungi layanan pelanggan, ia harus menggunakan pulsa GSM, bukan paket data. Ini berbeda dengan beberapa bank swasta lain yang sudah melayani keluhan pelanggan melalui aplikasi, sehingga bisa menggunakan paket data atau WiFi.

2. Surat Pernyataan

Meski pihak bank sudah mengetahui identitasnya melalui sinkronisasi data, Hasyim tetap diminta untuk membuat dan mengirimkan Surat Pernyataan tertulis yang disertai foto KTP dan KK. Surat ini menjadi syarat wajib untuk investigasi atas transaksi yang dipermasalahkan. Hasyim mempertanyakan mengapa konfirmasi lewat telepon tidak cukup dan mengapa nasabah yang menjadi korban harus direpotkan dengan prosedur tambahan.

Atas kejadian ini, Hasyim pun memutuskan untuk memblokir kartu kreditnya sebagai langkah preventif. Ia juga mengkritisi sistem keamanan transaksi online yang seharusnya dilindungi dengan One Time Password (OTP). 

"Iya sudah saya blokir. Harusnya kalau online kan ada OTP. Transaksi yang tanpa OTP itu yang website atau tenantnya sudah terdaftar. Logikanya, ada permainan di internal tenant. Harusnya sih mudah ditelusuri," katanya. 

Baca Juga : Sukolilo Pati Trending X Usai Amuk Massa Pemilik Rental dan Pemudanya Tawuran hingga Makan Korban

"Ada transaksi online yang tanpa OTP. Khusus di merchant yang sudha pernah didaftarkan autodebet. Saya tidak pernah bertransaksi di merchant itu. Pastinya ada yang menyalahgunakan wewenang di dalam sistem sehinggabisa ada transaksi tanpa OTP," tambah Hasyim. 

Keluhan Hasyim Muhammad mendapat banyak perhatian dan dukungan dari netizen lain yang merasa bahwa sistem keamanan bank seharusnya lebih kuat dan tidak merepotkan nasabah, terutama dalam kasus penyalahgunaan transaksi. Banyak yang menyarankan agar Bank Mandiri memperbaiki sistem mereka untuk melindungi nasabah dari potensi penipuan dan transaksi yang tidak sah.

"Menyanggah transaksi harusnya bisa lewat aplikasi, masa jaman sdh canggih gini masih butuh hardcopy. Mentalitas birokrasi," @agus*****. 

"Birokrasi kita memang sllu minta hardcopy. Jd ga mgkn bs maju n sistematis. Auditor2 masih suka pake hardcopy sbg eviden data dlm mengaudit," @adity***. 

"Ini baru sekarang tahu kalau call ke Mandiri harus pakai pulsa GSM? Memang sebaiknya pakai bank swasta seperti BCA yg mempunyai call centre yg bisa diakses via internet atau voip," @awar****. 

Hingga berita ini ditulis belum ada keterangan resmi dari pihak Bank Mandiri soal keluhan nasabahnya yang viral di X tersebut. 


Topik

Peristiwa hasyim muhammad tagihan kartu kredit



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

A Yahya