Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Lingkungan

Prakiraan Cuaca 8 Juni: Jatim Bagian Timur Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir, Terdampak Gelombang Rossby

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

08 - Jun - 2024, 07:29

Placeholder
Ilustrasi hujan disertai petir yang diprediksi terjadi di wilayah Jatim bagian timur, seperti Lumajang hingga Banyuwangi. (Foto: iStock)

JATIMTIMES - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan wilayah Jatim bagian timur berpotensi mengalami peningkatan hujan pada Sabtu (8/6). Hal ini terjadi lantaran adanya gelombang Rossby yang mendekati wilayah Jatim. 

"Potensi hujan diprakirakan mulai meningkat signifikan di Bakorwil III dan V dalam 3 hari ke depan. Yang di Jatim bagian timur, siap-siap disamperin rossby duluan sabtu," tulis keterangan BMKG Juanda melalui akun Instagram resminya, Sabtu (8/6). 

Baca Juga : EV Experience: Serunya Mencoba Ekosistem Motor Listrik Honda dalam ESG Mission 

Adapun melansir laman resmi BMKG, Gelombang Equatorial Rossby atau Rossby Ekuator adalah suatu fenomena yang terjadi di fluida (atmosfer/lautan) yang berotasi secara berpasangan dan bergerak ke arah barat di sekitar kawasan ekuator. Gelombang Rossby juga dikenal dengan istilah gelombang planet.

Rossby Ekuator menyebabkan cuaca buruk pada wilayah yang dilaluinya. Gelombang Rossby ini membawa massa udara yang bersifat basah sehingga sebuah wilayah sering dilanda kondisi hujan atau mendung. Selain itu, Gelombang Rossby Ekuator juga dapat menimbulkan hujan dengan intensitas lebat.

Diketahui, wilayah Jawa Timur saat ini masuk kategori parsial musim kemarau. Di mana sebagian Jawa Timur sudah masuk awal musim kemarau dan sebagian masih peralihan. 

Lebih rinci dijelaskan beberapa wilayah Jatim yang diprakirakan mengalami peningkatan hujan pada Sabtu (8/6) adalah sebagai berikut. 

•Trenggalek 

• Batu 

• Probolinggo

• Lumajang 

• Bondowoso

• Jember 

• Banyuwangi 

Demikian prakiraan hujan yang dialami wilayah di Jawa Timur pada Sabtu (8/6). Oleh karenanya, BMKG Juanda meminta agar masyarakat waspada potensi cuaca ekstrem yang masih berpeluang terjadi di beberapa wilayah di Jatim. 

Selain itu, BMKG juga meminta masyarakat untuk menghindari paparan langsung sinar matahari terutama pada siang hari saat beraktivitas di luar rumah, dengan memakai tabir surya, topi atau payung. 

Baca Juga : 15 Atlet NPCI Kota Batu Berlaga di Pekan Paralimpik Provinsi II Surabaya

"Tetap laksanakan perilaku hidup bersih dan sehat," imbau BMKG Juanda. 

"Konsumsi air mineral dengan cukup untuk menjaga hidrasi tubuh," tambahnya. 

Di musim parsial yang terjadi di wilayah Jatim ini, BMKG juga mengimbau agar menggunakan air secara hemat dan bijaksana. "Hindari kegiatan pembakaran yang dapat menyebabkan kebakaran hutan dan lahan," ujarnya. 

Berikut ini prediksi hujan di wilayah Jawa Timur disertai dengan waktunya, di mana sebagian besar hujan disertai petir turun pada siang hingga dini hari hari. 

Siang hingga sore hari

Di wilayah Bangkalan, Sampang, Sumenep, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo. 

Malam hari

Di wilayah Kab. Malang dan Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi. 

Dini hari

Di wilayah Gresik, Kab. Malang, Kab. Pasuruan, Sumenep, Kab. Probolinggo, Lumajang, Bondowoso dan Banyuwangi. 

Demikian beberapa wilayah di Jawa Timur yang pada Sabtu, 8 Juni 2024 yang mengalami peningkatan hujan. Bagi kamu yang hendak berwisata di luar ruangan, terutama ke wilayah Jatim bagian timur, jangan lupa persiapan payung atau jas hujan ya! 


Topik

Lingkungan ramalan cuaca BMKG jatim hujan Gelombang Rossby



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri

Lingkungan

Artikel terkait di Lingkungan