Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Tekno

Tips Atasi Penyimpanan Gmail yang Penuh 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

07 - Jun - 2024, 07:56

Placeholder
Informasi email penuh yang biasanya muncul di akun Gmail. (Foto: Gmail)

JATIMTIMES - Gmail, dengan ruang penyimpanannya yang terbatas, sering kali menjadi penuh seiring berjalannya waktu. Ketika kapasitas penyimpanan mendekati batas maksimum, pengguna mungkin kesulitan menerima email baru atau mengelola kotak masuk mereka dengan efektif.

Diketahui, Gmail platform surat elektronik (surel) yang disediakan Google. Platform ini cukup populer khususnya di Indonesia, namun terkadang sebagian orang tidak tahu bahwa Gmail memiliki kapasitas maksimalnya. 

Baca Juga : Makanan Para Sultan, ini 7 Jenis Durian Termahal di Dunia

Gmail menyediakan kapasitas sebesar 15 GB pada setiap akun google. Kapasitas tersebut mencakupi Gmail, Google Drive dan Google Photos.

Sejatinya ukuran file surel itu terbilang kecil dan tidak banyak memakan kapasitas penyimpanan. Namun, jika didiamkan bertahun-tahun akan menumpuk dan menjadi besar juga. 

Tak hanya itu, faktor lain yang bisa membuat penuh kapasitas gmail, seperti Google Drive atau Photos. Berikut adalah beberapa trik yang dapat membantu Anda mengatasi penyimpanan Gmail yang penuh dan menjaga akun Anda tetap berjalan lancar, melansi dari Support Google

1. Hapus Email Berukuran Besar

Salah satu langkah pertama yang dapat dilakukan adalah menghapus email berukuran besar yang tidak lagi diperlukan. Gunakan fitur pencarian Gmail dengan mengetik "size:5m" untuk menemukan email yang lebih besar dari 5MB. 

Anda dapat menyesuaikan angka tersebut sesuai kebutuhan. Setelah menemukan email berukuran besar, tinjau dan hapus email yang tidak penting.

2. Hapus Lampiran dari Email

Lampiran sering kali menjadi penyebab utama penuhnya penyimpanan. Untuk menghapus lampiran tanpa menghapus email, Anda dapat menggunakan aplikasi atau layanan pihak ketiga seperti "Save Emails and Attachments" untuk menyimpan lampiran di Google Drive dan menghapusnya dari Gmail.

3. Gunakan Filter Pencarian Lanjutan

Gmail memiliki fitur pencarian lanjutan yang memungkinkan Anda mencari email berdasarkan berbagai kriteria seperti tanggal, pengirim, dan ukuran. 

Misalnya, ketik "older_than:1y" untuk menemukan email yang lebih tua dari satu tahun. Anda bisa menghapus email-email lama ini untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

4. Hapus Email di Folder Spam dan Sampah

Baca Juga : Begini Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Agar Tidak Cepat Bau

Email di folder Spam dan Sampah juga menghabiskan ruang penyimpanan. Pastikan untuk secara rutin menghapus email di folder-folder ini. Anda bisa langsung mengosongkan folder Spam dan Sampah melalui opsi yang tersedia di Gmail.

5. Unsubscribe dari Mailing List yang Tidak Penting

Jika Anda menerima banyak email dari mailing list atau buletin yang tidak lagi diinginkan, berhenti berlangganan dapat membantu mengurangi volume email masuk. Klik tombol "Unsubscribe" yang biasanya ada di bagian bawah email tersebut untuk menghentikan pengiriman email selanjutnya.

6. Gunakan Google Takeout

Jika ada email atau lampiran yang ingin disimpan tetapi tidak diperlukan di Gmail, gunakan Google Takeout untuk mengekspor data tersebut ke perangkat Anda. Setelah disimpan secara lokal, Anda dapat menghapusnya dari Gmail untuk mengosongkan ruang.

7. Upgrade ke Google One

Jika semua langkah di atas tidak cukup, pertimbangkan untuk meng-upgrade ke Google One yang menawarkan penyimpanan tambahan. Dengan berlangganan Google One, Anda mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar yang dapat digunakan untuk Gmail, Google Drive, dan Google Photos.

Demikian 7 tips mengatasi keluhan penyimpanan Gmail yang penuh. Semoga membantu!


Topik

Tekno g mail penyimpanan g mail menghapus penyimpanan g mail



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni