Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Pengabdian di Lapas, Departemen Matematika FMIPA UM Beri Pelatihan Pendampingan Kewirausahaan dan Pemasaran Digital

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

06 - Jun - 2024, 16:38

Placeholder
Dosen dan mahasiswa Departemen Matematika Fakultas Ilmu dan Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang bersama warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Kota Malang berfoto bersama. (Foto: Departemen Matematika Fakultas Ilmu dan Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang)

JATIMTIMES - Departemen Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang (UM) melakukan pengabdian kepada masyarakat di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Kota Malang. Pengabdian dilakukan dengan memberikan ‘Pelatihan Pendampingan Kewirausahaan dan Pemasaran Digital," Rabu (5/6/2024).

Topik yang sangat menarik ini dipaparkan oleh beberapa pemateri dari dosen Departemen Matematika FMIPA UM, yakni Kridha Pusawidjayanti, S.Si, M.Si, Ramdhan Fazrianto Suwarman, M.Si, serta Andi Daniah Pahrany, M.Si,. Acara dihadiri puluhan warga binaan pemasyarakatan serta petugas pemasyarakatan Lapas Perempuan Kelas IIA Kota Malang.

Baca Juga : FIS UM SAE, Kata Mahasiswa: Pengembangan Bidang Akademik dan Non Akademik Seimbang  

Dalam kegiatan ini, para dosen berkesempatan memberikan materi sekaligus membagikan pengalamannya mengenai kewirausahaan dan pemasaran digital. Materi yang disampaikan berjudul “How To Start Entrepreneurship”.

a

Materi yang diberikan tentang bagaimana cara memulai suatu wirausaha serta pengelolaan keuangan hasil wirausaha tersebut. Peserta juga diberi kesempatan untuk menuliskan bisnis wirausaha apa yang ingin mereka lakukan jika sudah lulus dari lapas.

“Jadi pelatihan ini dilaksanakan agar warga binaan setelah selesai menjalani masa hukumannya di lapas bisa melanjutkan hidupnya dengan berwirausaha,” kata dosen Departemen Matematika UM, Andi Daniah Pahrany.

Peserta juga diajak untuk berpikir tentang bagaimana memetakan alokasi dana jika mereka memiliki penghasilan 100.000 per hari.

Pengabdian ini diberikan kepada warga binaan pemasyarakatan di Lapas Perempuan Kelas IIA Kota Malang agar mereka memiliki pengetahuan untuk membangun suatu wirausaha khususnya dengan media digital ketika sudah bebas dari lapas.

Baca Juga : Persiapan Idul Adha, Perumda Tunas Bakal Rekrut Petugas Penyembelihan Hewan Kurban 

 

“Sehingga warga binaan lapas ini sebelum keluar lapas, sudah punya kemampuan di bidang wirausaha. Saat keluar nanti bisa langsung diaplikasikan,” imbuh Daniah, Kamis (6/6/2024).

Selain itu, kegiatan ini bermanfaat bagi peserta dalam memahami tips dan trik pengelolaan keuangan hasil wirausaha yang ideal sehingga dapat mencukupi berbagai kebutuhan, mulai dari modal bisnis, kebutuhan sehari-hari, keperluan hiburan, investasi, dan sebabgainya. 


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni