Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

BPJS Ketenagakerjaan Madura Dukung Employee Volunteering di Hutan Mangrove Surabaya

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Nurlayla Ratri

06 - Jun - 2024, 14:17

Placeholder
BPJS Ketenagakerjaan Madura berpartisipasi dalam kegiatan penanaman dan penyerahan 500 bibit mangrove di Hutan Mangrove Surabaya

JATIMTIMES– Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Madura turut ambil bagian dalam kegiatan penanaman dan penyerahan 500 bibit mangrove di Hutan Mangrove Surabaya. Kegiatan yang berlangsung pada Rabu (5/6/2024) ini merupakan bagian dari program Employee Volunteering dengan tema "Go Green".

Menurut Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur, Hadi Purnomo, kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara seluruh kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang ada di Surabaya, Sidoarjo, dan Madura. 

Baca Juga : 6 Ahli Waris Petani dan Nelayan di Bangkalan Terima Santunan dari BPJS Ketenagakerjaan

"Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung upaya penghijauan dan konservasi lingkungan, terutama di kawasan ekowisata andalan Kota Surabaya," ujar Hadi Purnomo.

Pada kegiatan kali ini, BPJamsostek berhasil mengumpulkan 5.000 bibit mangrove yang akan ditanam di Hutan Mangrove Surabaya. Menurut Hadi Purnomo, penanaman mangrove ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. 

"Harapan kami, bibit mangrove ini bisa tumbuh dan bermanfaat serta memiliki nilai tambah untuk peningkatan potensi ekonomi masyarakat lokal maupun tempat ikon wisata yang dimiliki Surabaya ini,” tambahnya.

Hadi Purnomo juga menjelaskan bahwa tanaman mangrove memiliki banyak manfaat. Antara lain meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui estetika, spiritual, dan nilai-nilai kesejahteraan lainnya. 

"Tanaman mangrove juga berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem perairan, mengurangi polusi, dan mencegah banjir di Kota Surabaya," kata dia.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura, Indriyatno, menjelaskan bahwa Employee Volunteering merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun dengan lokasi yang berbeda-beda. 

"Kegiatan ini bisa dilakukan di tempat ibadah atau fasilitas umum. Semuanya dilaksanakan oleh seluruh karyawan BPJS Ketenagakerjaan, termasuk pejabat strukturalnya," jelas Indriyatno.

Indriyatno menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan komitmen insan BPJS Ketenagakerjaan terhadap masyarakat sekitar. 

"Seluruh pembiayaan kegiatan ini berasal dari donasi sukarela karyawan sebagai bentuk tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitar," ujarnya. 

Baca Juga : Isu Kaesang dan Hendy Maju Pilwali Surabaya, Ini Tanggapan Gibran Rakabuming

Dalam kegiatan ini, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura turut menanam dan menyumbang 500 bibit mangrove. "Kami berharap bantuan bibit mangrove dari kami akan membuat Hutan Mangrove Surabaya semakin lebat dan hijau," tambah Indriyatno.

Indriyatno juga menekankan pentingnya keterlibatan karyawan dalam kegiatan seperti ini. "Kegiatan ini adalah salah satu cara bagi karyawan BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan kontribusi nyata bagi lingkungan dan masyarakat. Dengan partisipasi aktif dari seluruh karyawan, kami yakin dapat menciptakan dampak positif yang signifikan," ujarnya.

Selain itu, penanaman mangrove ini juga diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar. "Tanaman mangrove tidak hanya mampu menahan gelombang laut, tapi juga dapat meningkatkan ekosistem di perairan ini, yang akan meningkatkan pendapatan nelayan setempat," kata Indriyatno lagi.

Kegiatan Employee Volunteering dengan tema "Go Green" ini merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen BPJS Ketenagakerjaan dalam mendukung pelestarian lingkungan. Dengan partisipasi aktif dari seluruh karyawan dan pejabat struktural, diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi ekosistem dan masyarakat sekitar.

Hutan Mangrove Surabaya sendiri merupakan salah satu ekowisata yang menjadi andalan Kota Surabaya. Dengan adanya kegiatan penanaman mangrove ini, diharapkan kawasan ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat dan lingkungan.

Sebagai penutup, Indriyatno menekankan pentingnya kesadaran lingkungan di kalangan masyarakat. "Mari kita bersama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan untuk generasi mendatang. Setiap langkah kecil yang kita ambil hari ini akan memberikan dampak besar bagi masa depan," tutupnya.


Topik

Peristiwa bpjs ketenagakerjaan bpjamsostek madura mangrove



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Nurlayla Ratri