Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Pj Wali Kota Malang Pamerkan Produk UMKM di Gelaran APEKSI

Penulis : Riski Wijaya - Editor : A Yahya

05 - Jun - 2024, 17:54

Placeholder
Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat saat memamerkan produk UMKM asal Kota Malang.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat tak ingin menyia-nyiakan momen gelaran Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVII 2024. Dalam acara yang digelar di Balikpapan tersebut, Wahyu turut memamerkan produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) asal Kota Malang

Wahyu mengatakan, hal tersebut juga menjadi bagian dari upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk mengenalkan produk UMKM. Tujuannya tentu untuk mempromosikan dan mengenalkan bahwa produk UMKM asal Kota Malang untuk dapat naik kelas dan memiliki daya saing. 

Baca Juga : Pj Wali Kota Malang Komitmen Penguatan Kebijakan Kemandirian Fiskal

“Kami dari Pemerintah Kota Malang membawa beberapa pelaku UMKM yang memang mempunyai satu keunggulan yang berbeda dari UMKM yang ada di kota/kabupaten lain. Hal ini bisa membawa dan memberikan satu gambaran bahwa UMKM di Kota Malang berkembang drastis,” ujar Wahyu.

Di sisi lain, menurutnya memang gelaran APEKSI menjadi suatu ajang untuk mempromosikan keunggulan-keunggulan dan potensi yang dimiliki oleh Kota Malang. Beberapa produk UMKM yang dikenalkan diantaranya terkait dengan kuliner, fesyen, kriya dan lainnya. 

“Mudah-mudahan dengan Indonesia City Expo di Apeksi 2024 ini bisa memperkenalkan UMKM Kota Malang agar lebih maju dan naik kelas,” imbuh Wahyu.

Sementara itu, salah satu produk UMKM yang turut mejeng dalam ajang tersebut yakni produk Batik Soendari Kota Malang. Khusus pada ajang itu, pengrajin Batik Soendari, Satria, mengkreasikan motif topeng, tugu, kemudian ada teratai, trembesi dan masih banyak lagi.

"Merupakan pengalaman yang menarik dalam mengikuti Apeksi ini karena banyak dari kota-kota lain yang berkumpul, jadi bisa berbagi ilmu juga," tutur Satria.

Dengan menampilkan ikon-ikon Kota Malang ini harapannya daerah-daerah lain bisa semakin mengenal Kota Malang. Bahkan menurutnya, event berskala nasional itu juga ditangkap sebagai peluang untuk dapat memperluas jangkauan pemasaran. 

Baca Juga : Buka Pelatihan Keterampilan Pencari Kerja hingga Kewirausahaan, Wakil Wali Kota Blitar Ajak Ratusan Peserta Ciptakan Usaha Baru

“Dengan mengenal kota-kota lain kita berharap bisa berbagi, baik pengetahuan tentang batik itu sendiri juga kesempatan untuk bisa memperluas pemasaran dari produk-produk kita,” jelas Satria.

Menariknya, selain membawa produk batik kreasinya, para pengunjung ICE Apeksi 2024 ini juga dapat belajar membatik dan mewarnai batik secara langsung dengan berbagai media bersama Soendari Batik.

Selain Batik Soendari, beberapa produk yang dikenalkan ke kancah nasional diantaranya dari UMKM Antique Batik by Febby, Eva Unique Accesories, daster dari Red Tulip serta kuliner seperti aneka keripik sayur, keripik buah, keripik bakso, Soes Imoet, Tempa Tempe dan keripik tempe. Stan Pemkot Malang pun tampak ramai dikunjungi oleh para pengunjung yang memborong berbagai macam produk mulai dari kuliner hingga fesyen.


Topik

Pemerintahan Wahyu Hidayat kota malang UMKM kota malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

A Yahya