Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Tim Gabungan Amankan Puluhan Ribu Batang Rokok Ilegal Siap Edar di Situbondo

Penulis : Wisnu Bangun Saputro - Editor : A Yahya

04 - Jun - 2024, 20:12

Placeholder
Tim Gabungan saat melakukan operasi peredaran rokok ilegal di Kabupaten Situbondo, Selasa (4/6/2024). (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES -  Puluhan ribu batang rokok ilegal berhasil diamankan tim gabungan pemberantsan rokok tanpa cukai. Tim gabungan terdiri Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Situbondo, petugas Bea Cukai Jember, Bappeda dan Polres Situbondo melaksanakan operasi peredaran rokok tanpa cukai disejumlah kios, warung serta perumahan, di wilayah Kabupaten Situbondo, Selasa (04/06/2024).

Kepala satuan polisi pamong praja (Kasatpol PP) Situbondo, Sopan Efendi melalui Kabid Kabid Trantibum dan Tranmas Indra Permana Adityo menjelaskan, dalam operasi Penindakan Rokok Ilegal yang di mulai dari tanggal 27 April hingga 31 April 2024 ini didapatkan rokok ilegal sebanyak 74.266 batang berhasil disita dengan potensi kerugian negara Rp. 40.643.056.

Baca Juga : Waspada Penipuan Berkedok Jualan Online di Instagram, Modusnya Promo

"Ribuan batang rokok ilegal tersebut didapat dari sejumlah toko dan kios di wilayah Kabupaten Situbondo menjadi sasaran razia tim gabungan rokok ilegal," tuturnya.

Bagi siapapun yang kedapatan menjual, mengedarkan bahkan membeli rokok ilegal dapat di denda 3 kali lipat dari jumlah kerugian yang dialami negara atau 3x lipat dari jumlah batang rokok ilegal yang ditemukan.

"Jadi pelaku yang mengedarkan atau menjual rokok ilegal bisa didenda sebesar 3 kali lipat dari jumlah kerugian negara akibat rokok tanpa pita cukai tersebut, dan jika tidak bisa membayar denda maka akan dilimpahkan ke kejaksaan untuk kemudian diproses hukum," jelas Indra.

Operasi Gempur Rokok Ilegal ini, kata Indra, dilakukan di sejumlah wilayah kecamatan Kabupaten Situbondo, yakni di Kecamatan Arjasa, Kapongan, Jangkar, Asembagus, dan Kecamatan Banyuputih.

"Sasaran operasi ini adalah toko dan warung yang diduga menjual rokok tanpa pita cukai untuk kemudian dilakukan sosialisasi guna menyadarkan masyarakat agar tidak menjualbelikan rokok ilegal. Karena, selain rokok ilegal berbahaya bagi kesehatan juga merugikan negara," imbuhnya.

Baca Juga :  KPU Kota Blitar: Pilkada 2024 Gunakan 211 TPS, Separo dari Pemilu 2024

Dalam kegiatan tersebut, Satpol PP bertugas mengamankan jalannya operasi, sedangkan petugas Bea Cukai Jember bertindak sebagai eksekutor atau penindakan. Setelah, rokok ilegal tersebut didata dan diamankan sebagai barang bukti, baru Satpol PP mengambil langkah pengamanan.

"Dalam razia ini, petugas Bea Cukai yang mengamankan dan mendata setiap temuannya. Pedagang yang menjual rokok ilegal langsung disarankan atau disosialisasikan, agar jangan menjual rokok ilegal. Karena menjual rokok ilegal itu melanggar hukum dan merugikan keuangan negara," jelas Indra.

Operasi ini akan terus melakukan operasi ke kios-kios atau warung penjual rokok ilegal. "Upaya ini dilakukan untuk mengamankan pajak cukai yang masuk ke kas negara," Pungkasnya.


Topik

Peristiwa rokok ilegal kabupaten situbondo operasi rokok ilegal tokok tanpa cukai



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wisnu Bangun Saputro

Editor

A Yahya