Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik PILKADA JATIM 2024

Nama Sutiaji Disebut Bakal Tantang Khofifah di Pilgub Jatim, Demokrat: Mungkin Lewat Partai Lain

Penulis : Riski Wijaya - Editor : A Yahya

03 - Jun - 2024, 19:18

Placeholder
Mantan Wali Kota periode 2018-2023.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Nama mantan Wali Kota Malang periode 2018-2023  Sutiaji kembali mencuat bakal meramaikan bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Namun, kali ini nama Sutiaji bukan bakal tampil di Pilkada Kota Malang akan tetapi, namanya muncul di bursa Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim). 

Sutiaji juga dikabarkan akan diusung oleh partai lain dalam kontestasi perebutan kursi Jatim 1. Hal ini disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokat Kota Malang, H. Imron. "Memang sempat ada wacana (Sutiaji maju Pilgub Jatim). Tapi lewat partai apa kan tidak tahu," ujar Imron melalui sambungan telepon, Senin (3/6/2024) petang. 

Baca Juga : DPRD Jatim Matangkan Ranperda Kawasan Tanpa Rokok

Sebab dalam hal ini, untuk Pilgub Jatim, Partai Demokrat telah mengunci dan memberikan rekomnya kepada pasangan incumbent. Yakni Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak. "Kalau dari Demokrat kan sudah merekom bu Khofifah dan Mas Emil, kalau Sutiaji mau maju di propinsi, mungkin lewat partai lain," imbuh Imron. 

Di sisi lain, Imron mengatakan bahwa untuk nama Sutiaji sebenarnya masih ada peluang untuk kembali berebut kursi N1. Meskipun saat ini namanya terbilang meredup. "Enggak ada bahasan sama sekali (Sutiaji) untuk Pilgub Jatim. Kalau untuk Pilkada Kota Malang mungkin masih ada peluang dari Partai Demokrat," jelas Imron. 

Namun sepertinya, langkah Sutiaji untuk dapat maju pada Pilkada Kota Malang juga cukup berat. Pasalnya, untuk perebutan kursi N1 mendatang, Partai Demokrat hanya memiliki bekal sebanyak 3 kursi. 

Sedangkan untuk dapat mengusung pasangan calon wali kota dan wakilnya, parpol atau gabungan parpol setidaknya harus memiliki 9 kursi sebagai bekal.

Dan sampai saat ini, DPC Demokrat Kota Malang juga tengah melakukan penjaringan. Imron mengaku bahwa setidaknya saat ini sudah ada 6 orang yang telah mendaftar di Demokrat untuk Pilkada Kota Malang. 

Baca Juga : Kronologi Kasus Ibu Lecehkan Anak Balita di Tangerang: Tak Ada Penyesalan

"Demokrat sudah ada 5 sampai 6 orang yang mendaftar ke Demokrat. Siapa saja saya lupa, yang jelas nama Sutiaji juga belum mendaftar, mungkin nanti kalau daftar labgsung ke DPD," pungkas Imron. 

Sementara itu sampai saat ini, Sutiaji juga masih belum mau berkomentar terkait rencananya dalam Pilkada mendatang. 


Topik

Politik sutiaji pilkada kota malang demokrat kota malang sutiaji tantang khofifah



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

A Yahya