Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Hadiri Launching Sertifikat Elektronik, Pj Wali Kota Malang Pastikan Urus Sertifikat Tanah Makin Mudah

Penulis : Riski Wijaya - Editor : A Yahya

03 - Jun - 2024, 17:37

Placeholder
Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat memastikan bahwa pengurusan surat tanah bakal semakin mudah. Hal ia dapati usai menghadiri acara Launching Impelementasi Layanan Sertifikat Elektronik di Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Jawa Timur, Senin (3/6/2024).

Wahyu pun berkomitmen untuk terus mendukung upaya tranformasi digital dalam berbagai layanan, termasuk dalam hal pengurusan sertifikat tanah. Sebab menurutnya, ini akan meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam pengelolaan sertifikat tanah. 

Baca Juga : Kapolsek Peterongan Jombang Gantikan Iptu Sukoyo sebagai Kasat Narkoba Polres Blitar

"Dengan adanya inovasi dari kementerian ATR/BPN yaitu Sertifikat Elektronik tentu ini juga membantu masyarakat Kota Malang untuk bisa mendapat sertifikat. Ini akan meningkatkan rasa aman masyarakat, karena dengan Sertifikat Elektronik ini masyarakat tidak perlu takut kehilangan, atau ancaman lain terkait penggunaan sertifikat," ujar Wahyu.

Rencananya, sertifikat elektronik ini akan diluncurkan secara bergilir di berbagai daerah. Pada kesempatan tersebut, Wahyu dan enam kepala daerah lain di Jawa Timur berkesempatan mendampingi Staf Ahli Menteri Agraria dan Tata Ruang selaku Plt. Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Timur, Dr. (cand). Ir. H. Jonahar, M.Ec.Dev., melaunching implementasi layanan sertifikat elektronik tersebut.

"Kami percaya bahwa inovasi ini tidak hanya mempercepat proses administrasi, tetapi juga meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan yang diberikan. Seperti meningkatkan transparansi, kemudahan akses informasi, sistem yang terintegrasi, maupun mencegah pungutan liar," terang Wahyu, menyampaikan apresiasinya. 

Sebagai informasi kantor pertanahan Kota Malang telah mencatat total aset pertanahan sebanyak 8.264 bidang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.680 bidang telah tersertifikat. Dan pada momen ini, Wahyu juga menerima penyerahan Sertifikat Elektronik sebanyak 10 bidang.

Wahyu berharap dengan adanya layanan ini, akan ada percepatan dalam proses pengurusan sertifikat tanah. Selain itu dirinya menilai bahwa akan ada beberapa kemudahan yang bisa didapat. Seperti kecepatan dan tingkat akurasi data. 

Baca Juga : Ranu Klakah, Oase Damai di Tengah Hijau Kabupaten Lumajang

"Termasuk kemudahan-kemudahan lain, seperti kecepatan penyelesaian maupun akurasi datanya. Sehingga sertifikat elektronik dapat membantu warga Kota Malang untuk mengurus kepemilikan sertifikat dengan mudah dan aman," tutur Wahyu.

Dirinya pun lantas mengimbau masyarakat Kota Malang untuk memanfaatkan layanan ini dengan berkoordinasi dengan Kantor Pertanahan Kota Malang. 

"Kepada masyarakat Kota Malang dengan adanya sertifikat elektronik ini, bisa langsung berkoordinasi dengan kantor pertanahan Kota Malang agar dibantu pengurusannya," pungkas Wahyu.


Topik

Pemerintahan Wahyu Hidayat kota malang wali kota malang Wahyu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

A Yahya