Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Olahraga

Atlet Jabar dan Jatim Juarai Kejurnas Triathlon Piala Kapolres 2024 di Situbondo

Penulis : Wisnu Bangun Saputro - Editor : Yunan Helmy

02 - Jun - 2024, 18:11

Placeholder
Rashif Amila Yaqin, atlet asal Jawa Barat, menjuarai Triathlon Men Elite Kejurnas Piala Kapolres Situbondo 2024, Minggu (2/6/2024). (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES -  Sebanyak 53 atlet triathlon pada nomor male elite dan female elite berlaga pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Triathlon Piala Kapolres Situbondo 2024 di  Situbondo, Jawa Timur, Minggu (2/6/2024).

Puluhan atlet tersebut harus menyelesaikan tiga  sessions perlombaan, yakni berenang sepanjang 750 meter, lalu bersepeda 20 km dari Pasir Putih ke Panarukan, dan lari 5 kilometer dari Panarukan hingga masuk finis di Polres Situbondo.

Baca Juga : Viral! Kembang Kol Seharga Rp 400.000 di Supermarket Bikin Netizen Syok

Keluar sebagai pemenang di nomor male elite, yakni Rashif Amila Yaqin dari Jawa Barat. Disusul Bima Muslim Perdana dari Papua, Ronald Bintang Setiawan dari Jatim, Hauqalah Fakhal Arvyello dari Jatim, dan pemenang kelima yakni Muhammad Noval Asshidiq.

Sedangkan untuk nomor female elite, Martina Ayu Pratiwi dari Jawa Timur sebagai juara pertama. Disusul Binta Erlen Salsabila dari Jawa Timur, Renata Berliana dari Aceh, Stephanie Elita Belinda dari Jawa Timur, dan juara kelima yakni Zahra Bulan Aprilia dari Jawa Barat.

Rute di Kejurnas Piala Kapolres Situbondo 2024 itu disebut sebagai rute terbaik yang pernah diikuti atlet triathlon. Salah satunya disampaikan oleh juara kelas men elite Rashif Amila Yaqin.

Atlet asal jawa barat yang akrab disapa Rashif itu menyampaikan jalur triathlon di Situbondo adalah rute terbaik yang pernah dilalui olehnya selama mengikuti kejuaraan triathlon.

"Venue triathlon di Kabupaten Situbondo. Ombaknya yang tenang memudahkan atlet saat berenang, jalur sepeda dan lintasan lari yang steril dari kendaraan patut diapresiasi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia Armand Van Kempen mengatakan, kejurnas triathlon ini merupakan seleksi nasional untuk mempersiapkan atlet pada ajang multievent SEA Games Thailand 2025.

"Kejurnas ini merupakan seleknas untuk mempersiapkan atlet kita pada SEA Games di Thailand tahun depan," ucap Armand. 

Tak hanya itu yang disampaikan Armand. Dia juga mengatakan ajang kejurnas aquathlon, duathlon, triatlhon yang dilaksanakan di Kabupaten Situbondo ini akan dilaporkan ke panitia konferensi triathlon internasional sebagai bahan acuan agar Kabupaten Situbondo bisa ditempati pelaksanaan kejuaraan triathlon tingkat ASEAN.

Baca Juga : Diskoperindag: Pantau Harga Kebutuhan Pokok Situbondo di Aplikasi Sikepo

"Semoga saja usulan kita diterima oleh panitia konferensi triathlon internasional yang sedang berlangsung di Qatar," pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan, event bergengsi ini harus terus dilaksanakan di Kabupaten Situbondo agar Situbondo lebih dikenal lagi.

"Event seperti ini sangat menguntungkan bagi Situbondo, karena akan lebih dikenal secara nasional hingga dunia," ujarnya.

Sektor perekonomian juga akan memberikan dampak positif. Sebab, semakin banyak orang luar daerah datang ke Situbondo, maka perputaran roda perekonomian akan semakin baik dan maju. 

"Oleh karena itu, event semacam ini harus terus dilaksanakan. Misalkan tahun depan mungkin saya sudah pindah dan polres tidak menyelenggarakan, harus pemkab yang ambil," ucapnya.


Topik

Olahraga triathlon Situbondo Piala Kapolres Situbondo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wisnu Bangun Saputro

Editor

Yunan Helmy