Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Diskoperindag: Pantau Harga Kebutuhan Pokok Situbondo di Aplikasi Sikepo

Penulis : Wisnu Bangun Saputro - Editor : Yunan Helmy

02 - Jun - 2024, 17:22

Placeholder
Tangkapan layar aplikasi Sikepo Diskoperindag Kabupaten Situbondo. (Foto: Tangkapan layar sikepo.situbondokab.go.id)

JATIMTIMES - Guna mempermudah pemantauan harga dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Situbondo, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) setempat membuat aplikasi Sikepo atau Sistem Informasi Harga Kebutuhan Pokok untuk memudahkan masyarakat memantau harga bahan pokok di seluruh pasar tradisional.

Inovasi aplikasi tersebut dibuat oleh Pemkab Situbondo selain untuk memantau harga bahan pokok seluruh pasar tradisional yang tersebar di 17 kecamatan, juga memberikan kemudahan bagi masyarakat ketika ingin membeli kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga : Semeru Erupsi 5 Kali hingga Siang Ini, Letusan Paling Tinggi Capai 400 Meter

"Jadi, masyarakat bisa melihat langsung perbandingan harga kebutuhan pokok melalui aplikasi Sikepo(https://sikepo.situbondokab.go.id)," kata Kepala Diskoperindag Situbondo Edy Wiyono, Minggu (2/6/2024) saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Selain itu, Edi Wiyono menjelaskan bahwa melalui aplikasi Sikepo ini masyarakat dapat memantau perbandingan harga bahan pokok di masing-masing pasar tradisional, mulai harga beras medium/premium, minyak goreng, gula pasir, telur ayam ras, daging sapi, daging ayam potong dan harga kebutuhan sehari-hari lainnya.

Edi mengungkapkan, di masing-masing pasar tradisional, sudah ada petugas yang bertugas memperbarui atau meng-update harga-harga kebutuhan pokok setiap hari.

"Ada seorang administrator di masing-masing pasar tradisional yang sudah kami berikan pelatihan untuk terus memperbarui harga kebutuhan pokok ke aplikasi Sikepo. Jadi, tiap hari harga terus di-update," katanya.

Baca Juga : Istana Gebang, Saksi Bisu Kehidupan Remaja Bung Karno di Kota Blitar

Tidak hanya itu. Edi juga mengatakan sejauh ini dari 17 pasar tradisional yang sudah konsisten memperbarui harga kebutuhan pokok tiap hari ke aplikasi Sikepo adalah Pasar Panji, Ardirejo, dan Pasar Sumberkolak.

"Harapan kami ke depan seluruh pasar tradisional di Situbondo konsisten memperbarui harga kebutuhan pokok. Karena ini penting untuk memantau harga ketika tidak stabil kami bisa dengan cepat mengambil langkah-langkah untuk stabilisasi harga bahan pokok," ujarnya


Topik

Peristiwa Sikepo Pemkab Situbondo Situbondo kebutuhan pokok



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wisnu Bangun Saputro

Editor

Yunan Helmy