Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Jelang Hari Lingkungan Hidup Dunia, DLH Jember Bersihkan Sampah di Rumija

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : Yunan Helmy

28 - May - 2024, 12:02

Placeholder
Petugas DLH saat melakukan aksi bersih-bersih sampah di Kecamatan Ajung.

JATIMTIMES – Menjelang Hari Lingkungan Hidup sedunia yang diperingati setiap  5 Juni, serta keluhan masyarakat akan banyaknya sampah yang menumpuk di pinggir jalan provinsi  di Desa Pancakarya dan Desa Klompangan Ajung  Kecamatan Ajung, Jember, langsung disikapi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Jember.

 Dengan melibatkan stakeholder dan juga pemangku wilayah setempat, Selasa (28/5/2024) DLH Pemkab Jember melakukan kolaborasi bersama dengan sejumlah pihak, terutama koordinator lapangan, meliputi Kecamatan Jenggawah dan Kecamatan Kaliwates, melakukan bersih-bersih sampah yang menumpuk di sepanjang rumija (ruang milik jalan) provinsi.

Baca Juga : Peringatan HJKS ke-731, Surabaya Pecahkan Rekor MURI Pembentukan Pos Bantuan Hukum Terbanyak se-Indonesia

 “Kami mendapat laporan, adanya keluhan warga, terkait banyaknya sampah yang menumpuk di sepanjang jalan di kawasan desa Pancakarya dan Desa Klompangan, oleh karenanya, kami beberapa korlap dua wilayah, yakni dari Kecamatan Jenggawah dan Kaliwates, untuk melakukan bersih-bersih sampah,” ujar drh Sugiyarto, kepala DLH Pemkab Jember.

 Sugiyarto menjelaskan, acara bersih-bersih sampah ini juga dalam rangka menyongsong Hari Lingkungan Hidup sedunia. Dalam pelaksanaan bersih-bersih ini, ada 100 personel yang terlibat, meliputi tanaga kebersihan, RT RW, dan juga komunitas peduli lingkungan.

 Bahkan dalam aksi bersih-bersih sampah ini, DLH mengerahkan 2 unit armada truk untuk mengangkut sampah yang menumpuk di pinggir jalan, dan sungai kecil yang ada di pinggir jalan.

 Selain melakukan bersih-bersih sampah, DLH juga menghimbau kepada masyarakat agar ikut peduli menjaga lingkungan agar tetap bersih, dengan tidak membuang sampah sembarangan, terutama di pinggir jalan.

Baca Juga : Sederet Catatan DPRD Terkait Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Jatim 2023

 “Kami juga memberikan imbauan kepada msayarakat baik secara langsung maupun melalui media sosial, agar tidak membuang sampah sembarangan, hal ini juga sebagai upaya DLH menyadarkan masyarakat, bahwa persoalan sampah merupakan tanggung jawab kita bersama,” pungkasnya. 


Topik

Pemerintahan DLH Jember Pemkab Jember bersihkan sampah Jember



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

Yunan Helmy