Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Bersama Ombudsman RI, Pemkot Malang Komitmen Tingkatkan Pelayanan Publik

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Dede Nana

31 - May - 2024, 19:34

Placeholder
Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat berdialog dengan Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan publik. Komitmen tersebut juga diwujudkan dalam sinergitas yang dijalin antara Pemkot Malang dengan Ombudsman RI. 

Jumat (31/5/2024), Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Erik Setyo Santoso beserta sejumlah jajarannya menerima kunjungan kerja Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih.

Baca Juga : 2.320 Pegawai Dapat SK Pengangkatan PPPK dari Bupati Malang

Dalam hal ini, Wahyu menyampaikan terima kasih kepada Ombudsman RI atas kolaborasi yang terbangun. Terutama dalam pendampingan yang dilakukan terkait penyelenggaraan pelayanan publik. 

Wahyu mengatakan bahwa saat ini Kota Malang statusnya adalah zona hijau. Di mana hal tersebut merupakan predikat kepatuhan tinggi standar pelayanan publik yang tentu tak lepas dari dukungan Ombudsman. 

"Kami pada dasarnya menyambut positif dan menyatakan upaya koordinasi yang baik terkait apa yang telah dilakukan Ombudsman RI. Oleh karena itu, kami akan melakukan tindak lanjut jika ada aduan warga dengan mengedepankan musyawarah mufakat," ujar Wahyu. 

Wahyu menyebutkan selain berupaya meningkatkan layanan publik agar dapat menyentuh masyarakat sasaran, Pemkot Malang juga selalu terbuka dengan adanya aduan warga. Aduan-aduan dari masyarakat pun sesegera mungkin direspons dan ditangani oleh perangkat daerah terkait.

Dalam pertemuan ini, Wahyu juga memperkenalkan salah satu program yang ditujukan untuk menjaring aspirasi masyarakat secara langsung. Yakni program Ngobrol Mbois Ilakes atau disingkat Ngombe. 

"Kami membuka ruang seluas mungkin agar bisa mendengar masukan masyarakat, juga jika ada masyarakat yang kurang puas terhadap pelayanan kami. Saya hadirkan program Ngombe yang merupakan singkatan dari Ngobrol Mbois Ilakes, sebuah wadah bagi kami untuk mendengarkan aspirasi masyarakat secara langsung. Selalu kami respons dan kami selesaikan," jelas Wahyu. 

Baca Juga : BPJS Ketenagakerjaan Tegaskan Dukung Govtech Indonesia ke Presiden Jokowi

Tak hanya itu, Wahyu juga mengajak rombongan yang dipimpin oleh Mokhammad Najih meninjau Mall Pelayanan Publik (MPP) Merdeka. Dalam tinjauan tersebut ia juga mengajak sejumlah masyarakat untuk berdialog. 

Sementara itu, Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih pun mendorong Pemkot Malang melakukan berbagai upaya untuk memberikan pelayanan publik yang optimal. Serta menindaklanjuti hasil pemeriksaan Ombudsman RI secara komprehensif. 

"Ini merupakan perkembangan yang baik untuk Pemkot Malang, terutama dalam memberikan layanan kepada masyarakat secara terpadu. Harapannya semua layanan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh warga Kota Malang," pungkas Najih.


Topik

Pemerintahan pj wali kota malang ombudsman ri pelayanan publik pemkot malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Dede Nana