Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Ekonomi

8 Kelompok Ini Dilarang Pakai Gas Elpiji 3 kg

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

31 - May - 2024, 11:10

Placeholder
Potret gas elpiji 3 kg untuk masyarakat miskin. (Foto: Shutterstock)

JATIMTIMES - Pemerintah memperketat aturan penggunaan gas elpiji 3 kg dengan melarang beberapa kelompok untuk menggunakannya. Kebijakan ini bertujuan untuk memastikan subsidi gas elpiji 3 kg benar-benar tepat sasaran dan hanya dinikmati oleh masyarakat yang membutuhkan. Siapa saja yang masuk dalam kelompok yang dilarang menggunakan gas elpiji bersubsidi ini? 

Diketahui, pembelian gas elpiji 3 kg wajib menyertakan kartu tanda penduduk (KTP) mulai 1 Juni 2024. Selain menyertakan KTP, pembeli elpiji 3 kg juga wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu ke pangkalan resmi Pertamina hingga hari ini, Jumat, 31 Mei 2024. 

Baca Juga : Mulai 1 Juni, Beli Gas Elpiji 3 kg Wajib Pakai KTP

Sementara bagi usaha mikro, selain KTP, calon pembeli juga perlu menyertakan kartu keluarga (KK), dan foto tempat usaha. 

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menjelaskan masyarakat yang membutuhkan elpiji 3 kg masih bisa mendaftar walau lewat 31 Mei 2024. 

Adapun dalam Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji Nomor B-2461/MG.05/DJM/2022 diatur kelompok mana saja yang boleh dan tidak boleh membeli elpiji 3 kg. Berikut ini daftar kelompok masyarakat yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan membeli gas elpiji 3 kg subsudi pemerintah: 

Kelompok Masyarakat yang Boleh Membeli Gas Elpiji 3 kg

1. Rumah tangga 

Rumah tangga adalah konsumen yang mempunyai legalitas penduduk, menggunakan minyak tanah untuk memasak dalam lingkup rumah tangga dan tidak mempunyai kompor gas. 

2. Usaha mikro 

Usaha mikro adalah konsumen dengan usaha produktif milik perorangan yang mempunyai legalitas penduduk. Mereka juga menggunakan minyak tanah untuk memasak dalam lingkup usaha mikro dan tidak mempunyai kompor gas. 

3. Nelayan sasaran 

Nelayan sasaran adalah orang yang mata pencahariannya melakukan penangkapan ikan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari yang memiliki kKapal penangkap ikan berukuran paling besar 5 gros ton (GT) dan menggunakan mesin penggerak dengan daya paling besar 13 horse power (hp). 

4. Petani sasaran 

Petani sasaran adalah orang yang memiliki lahan pertanian paling luas 0,5 hektar, kecuali untuk transmigran, yang memiliki lahan pertanian paling luas 2 hektare. 

Mereka yang masuk kelompok ini juga melakukan sendiri usaha tani tanaman pangan atau hortikultura serta memiliki mesin pompa air dengan daya paling besar 6,5 hp. 

Kelompok Masyarakat Tidak Boleh Membeli Elpiji

Baca Juga : Arti Bahasa Gaul Beige Flag Dalam Hubungan, Beda dengan Red Flag dan Green Flag

Sementara itu, ada 8 kelompok yang tidak diperkenankan membeli elpiji 3 kg. Berikut ini daftar kelompoknya.  

1. Restoran 

2. Hotel 

3. Usaha binatu 

4. Usaha batik 

5. Usaha peternakan 

6. Usaha pertanian (di luar ketentuan Perpres Nomor 38 Tahun 2019 dan yang belum dikonversi) 

7. Usaha tani tembakau 

8. Usaha jasa las. 

Demikian informasi seputar kelompok masyarakat yang boleh dan tidak boleh membeli gas elpiji 3 kg. Semoga membantu. 


Topik

Ekonomi gas elpigi lpg ktp



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri