Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Bersama Bupati, Ribuan Warga Jember Ramaikan JJS Jatim Coffee and Trade Fest

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : Dede Nana

26 - May - 2024, 16:06

Placeholder
Bupati Jember bersama pengurus MAKI Jatim, sesaat sebelum pelepasan peserta jalan santai

JATIMTIMES – Bupati Jember Hendy Siswanto bersama dengan ribuan masyarakat mengikuti acara jalan sehat (JJS) dan sekaligus penutup gelaran Jatim Coffee and Trade Fest, Minggu (26/5/2024).

Dalam sambutannya, sebelum pelepasan peserta jalan santai, Hendy menyampaikan rasa terima kasih kepada MAKI Jatim yang telah menggelar kegiatan Jatim Coffee and Trade Fest di Kabupaten Jember.

Baca Juga : Pemerintah Kota Blitar Salurkan Bantuan Pangan Tahap Kedua untuk Ribuan KPM

“Jatim Coffee and Trade Fest ini merupakan wujud kepedulian bersama untuk meningkatkan daya saing petani kopi kita,” kata Hendy.

 Acara ini berangkat dari kenyataan bahwa petani kopi lokal masih bergantung terhadap tengkulak, sehingga harga jual kopi yang didapatkan petani lokal jauh dari maksimal. Oleh karena itu, Masyarakat Anti Korupsi (MAKI) Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Jember berkolaborasi menyelenggarakan ‘Jatim Coffee and Trade Fest atau JCTF.

JCTF ini menjadi ajang belajar para petani kopi agar paham perdagangan kopi, dan selanjutnya mereka didorong untuk menjadi pengusaha kopi profesional. “Ada kegiatan workshop dimana para petani kopi diajari pemasaran daring, bagaimana pengemasannya, hingga ilmunya dari hulu dan hilirnya dunia kopi,” ujar Heru Satriyo, Ketua Koodinator Wilayah (Korwil) MAKI Jatim.

Baca Juga : Bupati Blitar Rini Syarifah Raih Penghargaan Kepala Daerah Peduli Lanjut Usia dari Pj Gubernur Jawa Timur

Untuk diketahui, Kabupaten Jember memiliki tiga jenis kopi yang sangat unik citarasanya, ada kopi robusta, arabika dan liberika. Kabupaten Jember memiliki lahan tanaman kopi seluas 18ribu hektar yang bisa menghasilkan 11.700 ton pertahunnya. 


Topik

Pemerintahan bupati jember jatim coffee and trade fest maki jatim



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

Dede Nana