Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Bangkitkan Ekonomi Mikro, Diskopindag Kota Malang Dukung Pasar Rakyat Modern

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Dede Nana

29 - May - 2024, 19:13

Placeholder
Kepala Diskopindag Kota Malang Eko Sri Yuliadi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang mendukung rencana dibangunnya pasar rakyat modern. Sebab jika rencana tersebut jadi direalisasikan, maka diproyeksikan dapat menggairahkan ekonomi mikro. 

Kepala Diskopindag Kota Malang Eko Sri Yuliadi mengatakan, pembangunan pasar rakyat modern tersebut rencananya akan dilakukan oleh pihak ketiga sebagai investor. Rencananya akan dilakukan dibekas taman rekreasi di Jalan Veteran, Kecamatan Lowokwaru. 

Baca Juga : Jadi Prioritas Pemprov, Berikut Koridor dan Poros Pengembangan Jatim 2025-2026

“Rencananya akan dibangun di tahun 2024 ini dan sifatnya investasi. Ya harus kita support. Ini kan bertujuan untuk meningkatkan ekonomi mikro,” ujar Eko.

Eko mengaku bahwa terkait rencana tersebut Diskopindag Kota Malang juga menjadwalkan untuk berkomunikasi dengan investor yang bersangkutan. Untuk membahas konsep dan detil rencana pembangunan pasar rakyat modern tersebut. 

Selain itu menurutnya Pemerintah Kota (Pemkot) Malang juga tak dapat menghambat atau melarang investasi yang akan masuk di Kota Malang. Sebab hal tersebut juga sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk membuka peluang bagi investor. 

“Karena presiden sudah mengimbau bahwa dibuka seluas-luasnya untuk para investor untuk membuat investasi di daerah. Sehingga daerah itu maju dan dapat membangkitkan ekonomi. Lha investor ini akan membangun pusat kuliner makerspace gitu, mulai dari produsen sampai ke tingkat konsumen,” tutur Eko. 

Dalam rencana tersebut, Eko menilai bahwa memang tak dipungkiri pembangunannya dikonsep sebagai pasar rakyat. Namun sistem manajemen yang diterapkan nantinya akan lebih modern.

Baca Juga : Jenderal Hamengkubuwono: Panggilan Bung Karno untuk Sultan Kesembilan Yogyakarta

“Jadi harus bisa membedakan pasar modern dan pasar rakyat modern. Nah kalau pasar modern itu fresh market dengan manajemen yang bagus. Nanti pasar rakyat modern ini juga akan meniru terkait manajemennya. Pasar boleh merakyat, tapi sistemnya modern,” tutur Eko. 

Namun, dalam hal ini dukungan atau support akan terus diberikan. Terlebih juga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi mikro dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Kota Malang.


Topik

Pemerintahan diskopindag kota malang pasar rakyat modern pemkot malang ekonomi mikro



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Dede Nana