Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Minta Sekolah Lakukan Prosedur Ini Sebelum Study Tour

Penulis : Irsya Richa - Editor : Dede Nana

29 - May - 2024, 16:36

Placeholder
Petugas saat melakukan operasi gabungan Ramp Check di Kota Batu beberapa saat lalu. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Sebanyak 82 bus didapati Dinas Perhubungan Kota Batu bersama Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Ajosari Tipe A BPTD Kelas II Wilayah XI Jawa Timur tak laik  jalan saat melakukan operasi gabungan Ramp Check di 5 tempat wisata di Kota Batu pada 23-26 Mei lalu.

Menanggapi hal tersebut di tengah kasus kecelakaan lalu lintas melanda bus yang mengantar para pelajar saat study tour menjadi sorotan Penjabat Wali Kota Batu sekaligus Kepala Dinas Pendidikan Jatim Aries Agung Paewai. 

Baca Juga : PO Bus yang Kecelakaan di Subang Ternyata Abal-Abal, Ini Cara Cek Apakah PO Bus Terdaftar dan Sudah Uji Kir

Meski tidak ada larangan melakukan study tour, ada beberapa kriteria yang harus dilakukan dari pihak sekolah maupun PO.

Pertama armada yang akan dijadikan sarana tranportasi study tour harus memenuhi Standart Operating Procedur (SOP). “Saya tidak akan melarang untuk melaksanakan study tour, selama SOP diterapkan,” ucap Aries, Rabu (29/5/2024).

Selain menerapkan SOP, kegiatan study tour yang dilakukan pelajar harus mendapatkan izin dari orang tua masing-masing. “Jadi harus ada kesepakatan orang tua dan pihak sekolah,” imbuh Aries.

Selanjutnya lokasinya harus jelas mencangkup pariwisata dan kunjungan pendidikan. Lokasinya diutamakan di kawasan Jawa Timur. Terakhir kendaraan yang digunakan harus layak jalan.

“Tak hanya layak jalan tapi harus sesuai SOP, tapi juga harus dapat izin dari Dinas Perhubungan setempat,” kata pria kelahiran Makassar ini.

Dari hasil pemeriksaan Ramp Check rinciannya, hari pertama berlokasi di Jawa Timur Park 3 terdapat 30 armada yang diperiksa. Dari pemeriksaan itu ada 10 bus laik jalan, sisanya sebanyakn 20 armada tidak laik jalan.

Baca Juga : Apa itu Narkolepsi, Penyakit Ngantuk Berlebih di Siang Hari

Lokasi kedua di Jawa Timur Park 2 didapati ada 21 armada yang diperiksa. Dalam pemeriksaan itu ada 10 armada bus dinyatakan laik jalan, sedangkan 11 armada tidak laik jalan.

Lalu pemeriksaan bus di Jawa Timur Park 1 dari 35 armada, hasilnya 27 armada bus tidak laik jalan dan hanya 8 armada yang laik jalanz Sementara di Taman Rekreasi Selecta dari 27 bus yang diperiksa, hanya 3 bus yang laik jalan, sisanya 24 bus tidak laik jalan.

Ada beberapa faktor yang membuat armada bus tak lain jalan, yakni Kartu Pengawasan (KPS) banyak habis masa belakunya, Kartu Uji berkala banyak yang mati, kelebihan seat tidak sesuai izin yang ditetapkan.

Bagi armada bus yang tidak laik jalan mendapatkan Form Checklist Pengawasan yang harus diberikan pengemudi Bus untuk disampaikan ke masing-masing manajemen PO.


Topik

Pemerintahan dinas pendidikan kota batu bus laik jalan bus tak laik jalan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Dede Nana