Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

366 Calon Jemaah Haji Blitar Kloter 68 Berangkat ke Asrama Haji Sukolilo, Satu Harus Dirawat di RS

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

29 - May - 2024, 14:19

Placeholder
Suasana pemberangkatan jemaah haji kloter 68 di Alun-Alun Kanigoro, Kabupaten Blitar

JATIMTIMES– Sebanyak 366 calon jemaah haji (JCH) dari Kabupaten Blitar kloter 68 diberangkatkan menuju Asrama Haji Sukolilo di Surabaya pada dini hari tadi, Rabu (29/5/2024). 

Namun, satu dari mereka harus dirawat di rumah sakit karena kondisi kesehatan yang memburuk. Jemaah tersebut adalah Muhisam (71), warga Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar, yang sebelumnya baru saja keluar dari rumah sakit akibat riwayat penyakit jantung.

Baca Juga : PO Bus Putera Fajar yang Kecelakaan di Subang Ternyata Abal-Abal, Ini Cara Cek Apakah PO Bus Terdaftar dan Sudah Uji Kir

Perjalanan Muhisam yang mendadak harus menggunakan ambulans diawali dengan keberangkatan bersama kloter 68. Namun, sesampainya di Masjid Moeldoko sebelum pintu tol Bandar, kondisi kesehatannya menurun drastis sehingga ia segera dilarikan ke RSUD Kertosono. 

"Satu JCH ini memang baru keluar dari rumah sakit dan direncanakan berangkat ke Tanah Suci dengan didampingi anaknya," ujar Hamim Thohari, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Blitar. Namun, karena kondisi kesehatannya yang memburuk, fokus saat ini adalah penanganan medis terlebih dahulu. Sementara anaknya tetap berangkat bersama kloter 68.

Hamim juga menambahkan bahwa pihaknya terus memantau perkembangan kesehatan Muhisam untuk kemungkinan dapat bergabung dengan kloter lain jika kondisinya memungkinkan.

Di sisi lain, 365 JCH kloter 68 telah tiba dengan selamat di Asrama Haji Sukolilo pada pagi ini sekitar pukul 08.00 WIB. Mereka disambut oleh petugas asrama untuk menjalani serangkaian proses persiapan keberangkatan ke Tanah Suci. Proses tersebut mencakup pemeriksaan barang bawaan hingga pemeriksaan kesehatan. Selain itu, para jemaah  menerima paspor, living cost dalam bentuk Saudi Arabian Riyal, dan gelang identitas haji.

Living cost yang diterima oleh para jemaah merupakan pengembalian dari uang setoran yang telah dibayarkan sebelumnya. Dana ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pokok selama berada di Tanah Suci.

Pemberangkatan JCH Kabupaten Blitar tahun ini dibagi menjadi beberapa sesi. Kloter 68 diberangkatkan pada pukul 02.00 WIB dini hari tadi, sementara kloter 69 dan 70 dijadwalkan berangkat pada pukul 14.00 WIB nanti. Total jemaah dari Kabupaten Blitar yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci tahun ini mencapai ratusan orang, termasuk petugas yang mendampingi setiap kloter.

Baca Juga : PO Bus Putera Fajar yang Kecelakaan di Subang Ternyata Abal-Abal, Ini Cara Cek Apakah PO Bus Terdaftar dan Sudah Uji Kir

Antusiasme dan semangat para jemaah terlihat jelas meskipun harus melalui berbagai tahapan dan pemeriksaan. "Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kelancaran pemberangkatan ini, terutama kepada keluarga yang telah mendampingi para jemaah hingga ke titik pemberangkatan," tambah Hamim Thohari.

Dengan persiapan yang matang dan dukungan penuh dari pihak terkait, diharapkan seluruh jemaah haji dari Kabupaten Blitar dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar dan kembali ke tanah air dalam keadaan sehat serta membawa predikat haji mabrur. 

Perkembangan kondisi Muhisam juga menjadi perhatian utama, di mana harapan untuk kesembuhan dan keberangkatan selanjutnya tetap menjadi prioritas. Keluarga besar JCH dan masyarakat Blitar turut mendoakan agar Muhisam segera pulih dan dapat melaksanakan ibadah haji seperti yang diimpikannya.


Topik

Peristiwa Jemaah haji i adah hai haji kloter Kabupaten Blitar Kabupaten Blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy