Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Pimpin Apel Siaga Bencana, Bupati Jember Ingatkan Bahaya Tsunami bagi Warga Pesisir

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : Yunan Helmy

28 - May - 2024, 19:13

Placeholder
Bupati Jember Hendy Siswanto saat menyerahkan bantuan alat mesin tempel perahu kepada relawan secara simbolis.

JATIMTIMES - Bupati Jember Hendy Siswanto memberikan peringatan bahaya gempa dan tsunami di sepanjang pesisir pantai yang ada di Kabupaten Jember.

Hendy mengatakan, Kabupaten Jember merupakan tempat bertemunya lempeng Asia dan Australia. Sedangkan di sisi selatan Jember terdapat titik atau lingkaran merah yang termasuk pusat gempa.

Baca Juga : Sosok Eks Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra, Diduga Ayah Pelaku Pembunuhan Vina Cirebon

“Itulah yang menjadi faktor tingkat kerawanan gempa tinggi yang juga dapat menimbulkan tsunami,” ujar Bupati Hendy usai memimpin apel kesiapsiagaan bencana di Alun-Alun Kecamatan Puger, Selasa (28/5/2024).

Dia menambahkan, Kabupaten Jember pernah terdampak tsunami yang terjadi di Kabupaten Banyuwangi pada  1994. Saat itu, gempa berkekuatan 7,9 skala richter mengguncang Banyuwangi dan mengakibatkan tsunami setinggi 13,9 meter. Guncangan terasa hingga ke Kabupaten Jember saat itu, mengakibatkan 56 rumah warga hanyut dan tenggelam di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Jember. sedangkan di Puger, 57 perahu rusak.

“Kita mempunyai risiko tinggi di sepanjang garis pantai yang ada di Jember. Oleh karena itu, saya harap masyarakat pesisir untuk terus waspada,” imbaunya.

Bupati Hendy menegaskan Pemkab Jember konsisten menyosialisasikan kesiapsiagaan bencana dan melatih masyarakat tangguh bencana.

Dia juga mendorong masyarakat untuk memfungsikan poskamling sebagai sarana kesiapsiagaan bencana serta membuat kentongan di setiap poskamling.

Baca Juga : Wakil Wali Kota Blitar Tjutjuk Sunario Siap Maju sebagai Calon Bupati Blitar

“Adanya kentongan sebagai alat peringatan bencana agar peringatan dapat tersampaikan ke seluruh warga, baik di kota maupun di desa,” pungkasnya. 

 


Topik

Pemerintahan Pemkab Jember siaga bencana Bupati Jember Hendy Siswanto tsunami gempa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

Yunan Helmy