Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Pemprov Gandeng IHE Delft Belanda Tangani Persoalan Air di Jatim

Penulis : Muhammad Choirul Anwar - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

27 - May - 2024, 20:53

Placeholder
Pemprov Jatim menggandeng Institute of Hydraulic Engineering (IHE) Delft The Netherlands atau IHE Delft Belanda untuk mengatasi persoalan air di Jatim.

JATIMTIMES - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) menggandeng Institute of Hydraulic Engineering (IHE) Delft The Netherlands atau IHE Delft Belanda untuk mengatasi persoalan air di Jatim. Kedua pihak sepakat menjalin kerja sama awal.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Letter of Intent (LoI) atau pernyataan kehendak kerja sama dalam bidang sumber daya air, di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sidoarjo, Senin (27/5/2024).

Baca Juga : Pastikan Hewan Kurban Sehat, Dispangtan Kota Malang Gencar Vaksinasi dan Sosialisasi

Penandatanganan dilakukan oleh Penjabat (Pj) Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono mewakili Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono dan Rektor IHE Delft Belanda Prof Eddy Moors. Kedua pihak melakukan kesepakatan awal untuk kerjasama lebih lanjut utamanya penanganan permasalahan air di Jatim.

Kunjungan dari IHE Delft ini sekaligus menandai kerja sama yang sepenuhnya diprakarsai oleh Pemprov Jatim dan diakui berdasarkan MoU Water antara Indonesia dan Belanda. Kegiatan ini juga terlaksana dalam rangka penyelenggaraan World Water Forum (WWF) 2024 di Bali.

"Penandatanganan ini merupakan bagian dari dukungan Pemprov Jatim dalam menyemarakkan WWF yang diselengarakan di Bali," ungkap Bobby Soemiarsono.

Untuk mendukung hal tersebut, Pemda tidak bisa bekerja sendiri, sehingga kerja sama dengan pemerintah daerah negara lain juga bisa diterapkan untuk sharing best practices. Oleh karena itu, Bobby menyebutkan, Pemprov Jatim mengambil langkah maju melalui kolaborasi dengan bekerja sama dengan IHE Delft, salah satu pusat keunggulan pengelolaan air dunia.

Meskipun membutuhkan waktu maksimal 1 tahun agar Letter of Intent ini dapat dilanjutkan ke Memorandum of Understanding (MoU), Bobby meyakini permasalahan air di Jatim dapat teratasi.

Baca Juga : Jelang Musim Kemarau, BPBD Jatim Mulai Petakan Daerah Rawan Kekeringan

"Diharapkan juga ini mampu memberikan mutual benefit bagi kedua belah pihak dan memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat Provinsi Jawa Timur," tandasnya.

Di akhir, Bobby juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Bappeda Sidoarjo atas terselenggaranya penandatanganan Letter of Intent kali ini.


Topik

Pemerintahan Pemprov Jatim perda jatim IHE Delft Belanda air



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Choirul Anwar

Editor

Sri Kurnia Mahiruni