Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Filosofi Raden Panji dalam Apel Kemenangan 10 Ribu Kader Ansor-Banser di Balekambang

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Nurlayla Ratri

27 - May - 2024, 11:53

Placeholder
Ribuan kader Ansor-Banser Kabupaten Malang saat melangsungkan Apel Panji Kemenangan Indonesia di Pantai Balekambang pada Minggu (26/5/2024). (Foto: Ashaq Lupito/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Sebanyak 10 ribu kader Ansor-Banser Kabupaten Malang melaksanakan Apel Panji Kemenangan Indonesia di Pantai Balekambang, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Agenda yang berlangsung pada Minggu (26/5/2024) tersebut, merupakan serangkaian acara dalam rangka hari lahir (Harlah) Gerakan Pemuda (GP) Ansor ke-90.

Dari pantauan JatimTIMES, para kader Ansor-Banser terlihat memenuhi nyaris sepanjang bibir Pantai Balekambang. Puluhan ribu kader tersebut, terlihat antusias saat melalui serangkaian apel. Yakni diawali dengan istigosah dan salawatan, yel-yel, hingga sambutan sebelum diakhiri dengan doa penutup.

Baca Juga : Viral, Keluhan Wisatawan Bromo Bayar Ojek hingga Rp 400 ribuĀ 

"Acara ini kita beri nama Apel Panji Kemenangan, kita ambil nama Apel Panji karena ingin mengambil filosofi dari legenda Raden Panji," ucap Ketua Pengurus Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Malang Fatkhurrozi.

Diterangkan Fatkhurrozi, Raden Panji merupakan kesatria yang berada di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Jiwa kesatria itulah yang ingin ditekankan kepada seluruh kader Ansor-Banser yang ada di Kabupaten Malang.

"Raden Panji ialah kesatria yang gagah perkasa yang mampu mengalahkan Sumolewo dalam sayembara perebutan Roro Ayu Proboretno," ujarnya.

Melalui filosofi Raden Panji tersebut, Fatkhurrozi berharap para kader Ansor-Banser Kabupaten Malang menjadi sosok yang gagah perkasa, gagah berani, hingga pantang mengeluh.

"Dengan filosofi ini saya ingin Banser Kabupaten Malang tidak banyak ini-itu (alasan) ketika para kiai kita membutuhkan. Banser akan menjadi garda terdepan ketika ada yang mencoba mengusik Islam Ahlussunnah Wal Jamaah dan NKRI," tukas Fatkhurrozi.

Baca Juga : Elf Masuk Jurang Sedalam 15 Meter di Pletes Malang

Sekedar informasi, dalam agenda Apel Panji Kemenangan Indonesia yang berlangsung di Pantai Balekambang ini, juga turut dihadiri oleh sejumlah pihak. Mulai dari Perwakilan Jajaran Forkopimda Provinsi Jawa Timur, Forkopimda dan pejabat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Malang, hingga jajaran Muspika Bantur juga turut hadir.

Pada serangkaian apel juga dilangsungkan penandatanganan kerjasama Perumda Jasa Yasa dengan PC GP Ansor Kabupaten Malang. Penandatanganan kerja sama di bidang peningkatan perekonomian tersebut, ditandatangani langsung oleh Direktur Utama Perumda Jasa Yasa R. Djoni Sudjatmoko. Usai penandatanganan kerja sama, sosok yang karib disapa Abah Djoni tersebut juga dinobatkan sebagai anggota Banser Kehormatan.


Topik

Peristiwa Banser NU Kabupaten Malang Balekambang Perumda Jasa Yasa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Nurlayla Ratri