Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik

3 Parpol Merapat ke PDI Perjuangan untuk Usung Cakada Kabupaten Malang

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Yunan Helmy

26 - May - 2024, 12:30

Placeholder
Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto didampingi Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang Darmadi saat ditemui di Pendapa Agung Kabupaten Malang, Kamis (2/5/2024). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Didik Gatot Subroto memberikan bocoran beberapa partai politik (parpol) sudah menunjukkan sinyal kuat akan bergabung dan membentuk koalisi bersama PDI Perjuangan untuk usung pasangan calon kepala daerah (cakada) di Pilkada Kabupaten Malang tahun 2024. 

Politisi PDI Perjuangan yang saat ini mendapatkan tugas sebagai wakil bupati Malang ini mengatakan, terdapat dua sampai tiga parpol yang telah menjalin komunikasi intensif dengan PDI Perjuangan untuk bangunan koalisi parpol di Pilkada Kabupaten Malang tahun 2024. 

"Sudah (ada parpol yang fix koalisi dengan PDIP Perjuangan). Insya Allah dua sampai tiga partai," ujar Didik. 

Disinggung mengenai nama-nama parpol yang telah merapat ke PDI Perjuangan untuk berkoalisi, Didik tidak menjawab. Menurut dia, hal itu merupakan rahasia dam pada saatnya nanti pasti akan diumumkan. "Sementara itu rahasia perusahaan (PDI Perjuangan Kabupaten Malang, red)," kata Didik. 

Meskipun Didik memilih untuk merahasiakan nama-nama parpol yang kemungkinan kuat akan membentuk koalisi bersama PDI Perjuangan, pihaknya menyebut telah menjalin komunikasi dengan beberapa elit parpol di Kabupaten Malang. 

Beberapa parpol tersebut memiliki tambahan perolehan kursi di DPRD Kabupaten Malang tahun 2024. Di antaranya ada Partai Gerindra 8 kursi; Partai NasDem 6 kursi; Partai Golkar 8 kursi; Partai Demokrat 1 kursi; dan PKB 11 kursi. 

"Kita sedang komunikasi dengan Gerindra, dengan NasDem, Golkar, Demokrat, termasuk kita juga berbicara dengan PKB," ujar Didik. 

Menurut Didik, politik merupakam suatu hal yang dinamis dan prosesnya cair sekali. Meskipun seperti PKB yang berencana akan mengusung kadernya sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) Malang atau N1, Didik terus menjalin komunikasi agar PKB bersedia berkoalisi dengan PDI Perjuangan. 

"Artinya politik itu kan dinamis proses cair, sehingga memungkinkan. Bahkan kurang dua menit politik bisa berubah," tutur Didik. 

Sementara itu, pihaknya bersama para kader PDI Perjuangan pun lebih bersemangat ketika terdapat sosok-sosok tokoh politik yang berniat maju sebagai Bacabup Malang. Seperti salah satunya sosok Lathifah Shohib yang saat ini sedang berebut rekomendasi DPP PKB dengan dua nama lainnya. Yakni Kholiq dan Unggul Nugroho. 

"Ini menjadi pola yang harus disiapkan, sehingga kita harus bersemangat, bahwa kekurangan-kekurangan kita di saat Pemilukada yang tahun kemarin harus dimaksimalkan. Sehingga bagaimana pemenangan tahun ini harus lebih tebal dari tahun dulu," pungkas Didik.
 


Topik

Politik PDI Perjuangan Kabupaten Malang Pilkada 2024 Kabupaten Malang koalisi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Yunan Helmy